Tanya Dokter

  • cara penyembuhan myelitis

  • dok kata dokter saya di diagnosa kena penyakit myelitis udah 2 bulan saya blm bisa jalan kira kira berapa lama saya bisa bejalan normal?? dan bagaimana cara penyembuhan supaya cepat sembuh???

    terus kenapa ya kaki saya sekarang sering bergetar sendiri??

    tolong d jawab dok

    Hai,   Kesembuhan myelitis akan dipengaruhi kecepatan terapi , keparahan dari peradangan yang terjadi pada saraf tulang belakang , penyebab peradangan dan tipe mielitisnya. Sangat sulit utuk menentukan kenberhasilan dan kecepatan terapi pada kasus mielitis. Pada gejala mielitis yang terjadi dengan cepat maka keberhasilan terapi akan lebih sulit dibandingkan dengan mielitis tipe lambat. Kebanyakan kasus mielitis bisa membaik namun meninggalkan gejala sisa / tidak pulih 100% Pada pengobatan yang optimal gejala bisa berkurang setelah 3 bulan timbul keluhan namun untuk benar pulih bisa memakan waktu > 1 tahun tergantung dari kerusakan saraf yang terjadi. Pengobatan myelitis akan dipengaruhi oleh penyebab mielitis dan kerusakan yang terjadi, karena setiap kasus adalah berbeda. Secara umum pengobatan mielitis meliputi :

    1. Steroid dosis tinggi secara infus (intravena)
    2. Plasma exchange dilakukan jika terapi steroid tidak menimbulkan efek perbaikan yang diinginkan.
    3. Obat antivirus
    4. Obat anti nyeri
    5. terapi stemcell. Terapi ini masih merupakan terapi baru yang masih dalam perkembangan dan masih belum diketahui keberhasilan dan efektivitasnya.
    6. terapi fisik (fisioterapi) untuk menguatkan dan memperbaiki kondisi koordinasi tubuh.
    7. Psikoterapi untuk memastikan bahwa penderita tidak depresi dan tertekan karena penyembuhan yang lama atau timbulnya gejala sisa.
    8. terapi okupasional
    Untuk kepastian Anda bisa menanyakan langsung secara mendetil kepada dokter yang merawat Anda, karena dokter Andalah yang lebih mengetahui dan memahami kondisi Anda sepenuhnya. Myelitis merupakan suatu kondisi dimana terjadinya peradangan yang melibatkan saraf tulang belakang. Dimana saat terjadi peradangan pada saraf tersebut, bagian saraf yang berupa mielin (selubung akson)  dan akson (serabut saraf)  menjadi rusak dan menyebabkan keluhan seperti rasa kesemutan, baal (mati rasa) atau bahkan kelumpuhan. Myelitis memiliki beberapa kategori yaitu :
    • Poliomyelitis = disebabkan oleh virus yang bisa menyebabkan kelemahan / kelumpuhan pada satu / 2 kaki.
    • Leukomyelitis
    • Transverse mielitis
    • Meningokok myelitis
    Penyebab mielitis  belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa kondisi yang bisa menimbulkan penyakit ini antara lain :
    1. Infeksi virus = retrovirus, poliovirus, enterovirus dll
    2. Infeksi bakteri = Sifilis, Brucellosis, TB, dll
    3. Infeksi parasit
    4. Infeksi jamur
    5. Penyakit Autoimun
    6. Multiple sclerosis
    7. Neuromyelitis optica
    8. Vaksinasi.
    Gejala mielitis sangat bergantung pada tipe dan penyebabnya, tetapi secara umum gejala yang banyak dikeluhkan adalah :
    1. Rasa nyeri
    2. Kelemahan
    3. Kelumpuhan
    4. Gangguan kandung kemih
    5. rasa sensasi seperti terbakar, kesemutan, baal dan tebal.
    6. Gangguan BAB.
    Diagnosis mielitis bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan tes darah, MRI / CT SCAN, Pungsi lumbal dll. Semoga membantu.   dr. Yusi  

    Hai dokter Yusi, Sy ikut nimbrung Tanya dong karena kebetulan ada keluarga yg terserang gejala meilitis... Dari hasil MRI diagnosanya "myelitis long" nah apakah itu dok? Dan apakah ada hubungannya dg hasil Torax TB paru2 sebelah kanan? Mohon bantuan jawabannya ya dok. Terima kasih Salam, Debra Achmad