Tanya Dokter

  • pengobatan untuk hiperkolesterol?

  •  Didik Eko S
    Anggota

    pagi dok, saya didik usia 42th,tensi darah saat cek 120/80, kolesterol darah cek bln lalu kolesterol total 272 mg. dah priksa di dokter spesialis jantung pembuluh darah, dikasih obat ROSUFER (rosuvastatin 10 mg ) buat 20 hari. setelah obat habis aku cek kolesterol lagi,kok cuma turun dikit dr  272 mg menjadi 264 mg, padahal sudah merubah pola makan. dgn mengurangi karbohidrat,lemak,minyak, (sekarang saya vegetarian).mohon solusi dari dokter supaya kadar kolesterol saya bisa normal.

    Didik Eko S  Didik Eko S
    Anggota

    Didik Eko S August 12, 2015 at 11:11 am pagi dok, saya didik usia 42th,tensi darah saat cek 120/80, kolesterol darah cek bln lalu kolesterol total 272 mg. dah priksa di dokter spesialis jantung pembuluh darah, dikasih obat ROSUFER (rosuvastatin 10 mg ) buat 20 hari. setelah obat habis aku cek kolesterol lagi,kok cuma turun dikit dr 272 mg menjadi 264 mg, padahal sudah merubah pola makan. dgn mengurangi karbohidrat,lemak,minyak, (sekarang saya vegetarian).mohon solusi dari dokter supaya kadar kolesterol saya bisa normal.
     

    Halo,   Menurunkan kolesterol memang bukan perkara mudah, dan tidak bisa dicapai dengan instan. Akan dibutuhkan waktu dan proses baik dari dalam diri dan pengobatan untuk mencapai hasil optimal. Kolesterol total yang tinggi tidak bisa dijadikan 1 patokan saja, Anda perlu memeriksakan kadar lemak seperti LDL atau TG untuk melihat efek dari pengobatan. Bisa saja kadar kolesterol total Anda hanya turun sedikit namun kadar TG / LDL turun drastis yang tentunya adalah pertanda baik dari pengobatan. Biasanya jika kolesterol total susah turun bisa diakibatkan dari kadar TG yang tinggi dan HDL yang rendah. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol total Anda dan tentunya kadar LDL dan TG Anda bisa membantu dengan cara :

    1. Berolahraga. Berolahraga akan meningkatkan metabolisme , membuang kelebihan lemak dan cadangan lemak sehingga turut pula membakar TG dan LDL Anda.
    2. Makan nutrisi seimbang.
    3. Hindari lemak trans seperti pada gorengan, makanan berminyak, makanan bersantan, dll.
    4. Hindari kopi, alkohol dll
    5. Hindari makanan berkadar gula tinggi seperti soda, kue, roti dll.
    6. Cukup istirahat.
    7. Perbanyak buah dan sayuran. Buah dan sayuran akan meningkatkan HDL Anda yang bagus dalam membantu menurunkan kadar LdL Anda.
    8. Kelola stress.
    Jika dengan tips diatas kadar kolesterol Anda masih tinggi maka pengobatan dengan obat penurun kadar kolesterol akan diperlukan. Beberapa pilihan obat bisa diberikan sesuai dengan kondisi kadar kolesterol Anda seperti obat golongan statin, golongan fibrat dll. Baca topik Kolesterol. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.