Tanya Dokter

  • Mengatasi kerontokan rambut

  •  isra_yusuf
    Anggota
    Dok, nama sy Isra, umur sy 18 tahun. Saya sudah mengalami kebotakan atau rambut rontok atau penipisan rambut sejak sy masih berusia 12 tahun atau masih duduk di kelas 1 bangku smp. Sy pikir penyebabnya akibat terlalu sering nntn film porno dan kebiasaan sy onani/masturbasi lebih dari 3x sehari. Skrg rambut sy udah mulai menipis hingga jidad sy terlihat membesar seperti lapangam golf. Pertanyaan sy bagaimana cara mengatasi kerontokan atau penipisan rambut sy dok agar tidak berlanjut dan mungkin bisa tumbuh lagi!?. Terima kasih dok atas jawabannya.

    Halo Isra,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter.  Kerontokan rambut hingga 100 helai sehari sebenarnya masih merupakan kondisi yang normal. Namun jika terjadi kerontokan rambut yang melebihi jumlah normal maka kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab berikut ini:

    ·         Stres psikis

    ·         Perubahan hormonal

    ·         Konsumsi makanan yang kurang gizi (terutama zat besi, protein dan zinc)

    ·         Proses kimia di salon (pewarnaan, pengeritingan, pelurusan dan sebagainya)

    ·         Anemia berat

    ·         Mengalami demam tinggi

    ·         Penurunan berat badan >9 kg

    ·         Alopesia areata (kerontokan rambut akibat gangguan sistem kekebalan tubuh)

    ·         Penyakit kulit atau penyakit autoimun (infeksi jamur, lichen planus, lupus eritematosus diskoid)

    Jika kerontokan rambut tidak kunjung teratasi maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar mendapatkan penanganan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi rambut dan kulit kepala, serta menentukan penanganan yang tepat bagi Anda. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu seperti minoxidil untuk menangani kerontokan rambut. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kerontokan rambut:

    ·         Gunakan shampo herbal yang lebih lembut bagi kulit kepala

    ·         Hindari menggosok rambut terlalu keras saat keramas

    ·         Keringkan rambut dengan menepuk-nepuk lembut menggunakan handuk, hindari menggosok rambut

    ·         Gunakan sisir yang bergigi jarang

    ·         Hindari penggunaan alat elektronik pada rambut (seperti hair dryer, catok rambut) ataupun proses kimia di salon

    ·         Konsumsi makanan yang bergizi, terutama mengandung protein (daging, ayam, telur, susu, kacang-kacangan), zat besi(sayuran hijau, nasi merah, hati sapi/ayam) dan zinc (tiram, daging merah dan unggas, sereal)

    ·         Meminimalisir stres

    Informasi berikut ini dapat berguna: Penyebab rambut rontok berlebihan Pilihan cara mengatasi rambut rontok. Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    Salam,

    dr. yuniar