Tanya Dokter

  • penis gatal dan bintik merah

  •  Fian Sani
    Anggota

    permisi Dok sudah 5 hari ini saya tergangu dengan gatal" di daerah selangkangan dan di penis saya di mana terjadi bintik bintik seperti biang keringat dan menjalar di daerah sekitaran perut, tapi jarang jarang maksudnya bintiknya kecil dan berjarak satu satu berjauhan apakah saya terjangkit PMS padahal saya tidak pernah melakukan hubungan sexsual...?

    Hai Gatal pada selangkangan dan sekitar kelamin disertai bintik kemerahan, kemungkinan disebabkan oleh infeksi jamur. Dimana biasanya gatal semakin menghebat saat berkeringat. Infeksi jamur bukan akibat penularan melalui hubungan seksual melainkan lebih pada kebersihan kulit. Untuk mengobatinya diperlukan pengobatan antijamur seperti miconazole atau ketokonazole salep bila tidak ada kontraindikasi, salep ini dipakai dalam jangka waktu sekitar 2 minggu. Selain itu jangan menggaruk bila gatal karena akan menyebabkan gatal semakin hebat dan luka garukan yang berpotensi terjadi infeksi bakteri. Bila gejala tidak berkurang atau bahkan semakin menghebat, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung sehingga mendapatkan pengobatan lebih tepat. Penyebab lain yang juga dapat menyebabkan gejala serupa, antara lain:

    Untuk mencegah infeksi jamur pada selangkangan, diperlukan pola hidup bersih seperti:
    • Rutin mengganti celana dalam bila telah lembab
    • Menjaga kebersihan daerah selanganan dan sekitar kelamin
    • Menurunkan berat badan bila berlebih
    • Tidak memakai celana terlalu ketat.
    Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Penyebab gatal pada selangkangan Tinea cruris (infeksi jamur selangkangan) Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william