Tanya Dokter

  • Penyebab penis keluar nanah

  •  Ridho Rizqi
    Anggota
    Dok,2 hari ini (maaf) mengeluarkan cairan nanah dan terasa sakit saat buang air kecil, tapi kencing saya normal. Apakah saya terjangkit penyakit sifilis?? Atau ada penyakit lain??

    Hai Ridho,terimakasih telah bertanya di alodokter. Nyeri saat BAK serta adanya nanah di saluran kencing dapat disebabkan oleh penyakit sebagai berikut:
    1. Gonore/kencing nanah
    2. Urethritis non gonore/chlamidia
    3. Pielonefritis/infeksi ginjal
    Gonore adalah penyebab yang paling sering menyebabkan kencing nanah,hal ini disebabkan oleh bakteri ebrnama Neiseria gonorrhea. Jika anda bertanya mengenai sifilis,sifilis jarang menimbulkan keluhan seperti kencing disertai nanah,biasanya berupa ruam merah. Kencing nanah  ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom,berganti-ganti pasangan. gejalanya adalah sebagai berikut:
    1. Nyeri saat BAK
    2. keluarnya cairan kental berwarna kekuningan
    3.nyeri/kram perut
    Penanganan yang dapat anda lakukan sementara jika anda mengalami gejala tersebut adalah:
    1. Tidak berganti-ganti pasangan,memakai kondom saat berhubungan
    2. Tidak berhubungan sampai gejala anda hilang
    3. Minum air cukup
    4. menjaga kebersihan organ intim
    5. Berkonsultasi segera ke dokter spesialis kulit kelamin agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjut seperti swab pada area lesi yang mengandung nanah (keluhan anda merupakan indikasi untuk langsung konsultasi ke dokter kulit kelamin). Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan anda,salam dr. Celleen