Tanya Dokter

  • Penyebab penis melemah saat berhubungan intim

  •  Dian wardhana
    Anggota
    Selamat malam dok, ada yang ingin saya tanyakan. Apakah penis yang mudah lembek saat berhubungan intim adalah gejala suatu penyakit ? Sebelum mulai berhubungan intim penis suami saya sudah tegang tp saat tengah melakukan hubungan intim tiba2-tiba sedikit lembek bahkan mengkerut padahal belum mengeluarkan sperma sama sekali, dan butuh waktu beberapa saat untuk kembali tegang. Apakah itu termasuk gejala lemah syahwat atau gejala penyakit lain dok ? Sekian dok pertanyaan dr saya, terima kasih.

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan ini kemungkinan merupakan suatu disfungsi ereksi atau gangguan ereksi. Sebagian besar gangguan ereksi ini disebabkan oleh adanya gangguan kecemasan /stres yang mempengaruhi sebelum hubungan seks, selama hubungan seks. 

    Kecemasan ini merupakan suatu kendala faktor psikologis yang terjadi pada seseorang dalam kehidupan kesehariannya. Beberapa hal di bawah ini dapat menyebabkan kecemasan /stres, seperti:

    1. kelelahan fisik

    2. tugas di pekerjaan yang menumpuk

    3. adanya ketidakharmonisan dalam rumah tangga

    4. hubungan sosial dengan keluarga yang kurang baik

    5. adany kekhawatiran selama berhubungan seks, seperti kehamilan, menyakiti pasangan, atau khawatir tidak memberikan kepuasan, khawatir ejakulasi dini

    6. masalah ekonomi

    7. adanya penyakit yang dialami, seperti kencing manis

    Bila keluhan ini masih dialami, maka sebaiknya Anda dan suami saling terbuka dan Anda dapat mencoba memberikan ketenangan dalam kepercayaan dirinya. Berikan dukungan yang positif untuk saling meghormati, mencari solusi bersama, serta terbuka terhadap semua kendala yang dihadapi.

    Selain itu, konsulkan dengan dokter androlog atau seksolog di kota Anda atau di ibu kota provinsi. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi terkaiat keluhan yang ditemui. Pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang akan direncanakan untuk mengetahui penyebab keluhan ini. Perawatan dan konseling akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang  bisa kami sampaikan, baca juga gangguan ereksi.

    dr. Ulfi