Tanya Dokter

  • Kehamilan pada penderita diabetes tipe 1

  • Penderita diabetes tipe 1 hamil , apakah berpengaruh tidak baik bagi anak dan ibunyah ? Apakan penyakit diabet ibuka akan di turunkan , setelah lahir menyusui apakan tidak akan berakibat pada bayi tersebit ?

    Hai Diabetes tipe 1 terjadi peningkatan kadar gula darah akibat dari kerusakan sel pankreas yang mengeluarkan hormon insulin, oleh sebab itu pengobatannya adalah dengan pemberian hormon insulin tambah melalui suntikan. Pada saat hamil penanganannya sama seperti tidak hamil, diperlukan kontrol secara rutin kadar gula darah agar tetap normal, karena bila terjadi kadar gula darah tinggi saat hamil dapat mempengaruhi janin seperti:

    • Kelainan perkembangan janin
    • Janin dengan berat badan berlebih
    Salah satu faktor risiko dari diabetes melitus tipe 1 adalah adanya faktor keturunan dari orang tua, oleh sebab itu ada kemungkinan anak Anda berisiko terkena penyakit yang sama. Diperlukan pemeriksaan berkala secara rutin melalui pemeriksaan USG oleh dokter kebidanan dan kandungan untuk memantau keadaan janin serta kontrol secara rutin pada dokter spesialis penyakit dalam untuk mengontrol kadar gula darah dan pengobatan. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Diabetes melitus tipe 1. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william