Tanya Dokter

  • Penularan gonore

  •  Rafael Louise
    Anggota
    Jika pengidap gonore melakukan oral seks kepada orang yang sehat, apakah orang sehat tersebut akan tertular gonore? Atau penularan gonore secara oral seks terjadi jika orang sehat tersebut yang mengoral kelamin si pengidap gonore? Trims.

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Gonore yaitu salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria Gonorhoeae. Gejala yang biasanya timbul adalah keluarnya cairan abnormal berwarna putih, kuning, atau kehijauan dari kemaluan, nyeri/panas saat buang air kecil, nyeri pada kemaluan, dll.
    Namun keluhan tersebut juga dapat terjadi pada penyakit lain seperti :
    • Uretritis gonore
    • Uretritis non gonore : clamidia, trikomonas dll.
    • Infeksi saluran kemih.
    • Pielonefritis : disertai nyeri pinggangg, demam dll

    Gonore ditularkan dengan sangat mudah melalui hubungan seksual. Jika pasangan Anda mengalami gonore maka kemungkinan besar Anda juga terinfeksi gonore begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu sangat penting untuk mengajak pasangan Anda untuk berobat juga guna memutuskan rantai penularan gonore, karena jika tidak diobati bersama maka akan terjadi penularan kembali. Begitu juga jika Anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang beresiko, maka kemungkinan besar Anda akan tertular. Jika seorang melakukan oral seks dengan pasangan yang  gonore, mungkin saja ia jadi tertular gonore dan menyebabkan radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri gonoccocus yang merupakan penyebab gonore.
    Cara untuk memastikan apakah seseorang menderita gonore atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, maka dari itu saya sarankan untuk lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan menanyakan riwayat keluhan yang di alami, pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan cairan dari bagian tubuh yang diduga terinfeksi GO seperti dari vagina, penis, tenggorokan,dll. Dengan cairan tersebut dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit menular seksual lainnya seperti klamidia.
    Hindari sembarangan penggunaan antibiotik tanpa mengetahui penyebab pasti keluhan Anda, hal ini untuk mencegah resistensi atau kekebalan terhadap obat tersebut. Jika sudah kebal, maka saat obat dibutuhkan bagi tubuh Anda, obat tidak berefek lagi.

    Pencegahan tertularnya infeksi gonore adalah:
    - Jangan gonta - ganti pasangan seksual
    - Gunakan pengaman saat berhubungan seksual seperti kondom.

    Perlu diketahui bahwa gonore yang tidak diobati dengan tepat dapat menimbulkan beberapa komplikasi seperti radang panggul, sifilis, HIV,dll. Jangan melakukan hubungan seksual sebelum pengobatan gonore dinyatakan selesai. Patuhi anjuran pengobatan yang diberikan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Anda, sehingga penyembuhan bisa segera terjadi. Menurut rekomendasi pengobatan yang dikeluarkan oleh CDC (Centre for Disease Control and prevention), pengobatan untuk penyakit gonore dilakukan kombinasi antara golongan cephalosporin secara suntik dosis tunggal dengan golongan azhitromisin secara oral dosis tunggal untuk mencegah resistensi kuman gonore. Namun, jika seorang pasien mengalami alergi terhadap obat golongan cephalosporin, maka obat azythromicin dapat diberikan tanpa kombinasi dengan obat lain, tetapi pasien yang menjalani hanya 1 jenis obat diharapkan mengontrol kembali penyakitnya ke dokter setelah 1 minggu pemberian obat untuk dilakukan deteksi tanda-tanda kesembuhan. Jika Anda masih merasa ragu atau khawatir, Anda dapat melakukan konsultasi ulang dengan dokter spesialis kulit dan kelamin lain. 

    Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.
    Salam, dr. Sylvia.