Tanya Dokter

  • penularan hiv dan beda golongan darah

  •  agoeng
    Anggota

    Doc Apakah setelah berhubungan intim walaupun berbeda golongan darah tetap akan tertular Terimakasih

    Hai, Infeksi HIV merupakan jenis infeksi yang menular melalui cairan tubuh satu orang ke orang lainnya. Tidak semua cairan tubuh dapat menularkan infeksi virus HIV. Beberapa cairan yang dapat menjadi media penularan adalah :

    1. darah, apapun golongan darahnya
    2. air susu ibu
    3. cairan vagina
    4. sperma
    Penularan virus HIV dapat terjadi melalui beberapa cara, diantaranya :
    1. Berhubungan seks tanpa pengaman dengan orang yang dicurigai menderita HIV. Apapun golongan darah orang tersebut dan apapun golongan darah kita, tidak akan mempengaruhi besarnya resiko tertular HIV.
    2. Berhubungan seks oral dan anal
    3. Pemakaian jarum secara bergantian, seperti untuk tato, tindik dan pemakai narkoba suntik
    4. Transfusi darah
    5. Penularan dari ibu ke bayinya, baik pada saat kehamilan, melahirkan maupun menyusui
    Untuk membaca lebih lengkap mengenai infeksi HIV dan cara penularannya Anda dapat membuka halaman berikut : http://www.alodokter.com/hiv-aids/ http://www.alodokter.com/hiv-aids/penyebab/ Jika Anda merasa memiliki faktor resiko untuk tertular infeksi HIV, segera konsultasi dan lakukan pemeriksaan terhadap status HIV Anda ke dokter. Pemeriksaan ini sepenuhnya bersifat rahasia dan ditangani secara profesional. Orang yang terinfeksi HIV pada tahap awal biasanya tidak akan menunjukan gejala-gejala apapun yang khas. Jika sudah terdapat gejala-gejala yang parah, seperti diare berkepanjangan, demam berkepanjangan, sesak nafas, dan lainnya, berarti infeksi sudah mencapai tahapan lanjut. Pengobatan HIV yang dilakukan pada tahap awal infeksi akan memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan terapi yang diberikan terlambat. Oleh karena itu pemeriksaan pada waktu yang tepat sangatlah dibutuhkan. Berikut halaman yang dapat membantu Anda memahami mengenai segala sesuatu mengenai pemeriksaan HIV : http://www.alodokter.com/memeriksakan-diri-untuk-deteksi-HIV     Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.