Tanya Dokter

  • Mungkinkah penularan hiv melalui onani ?

  •  Kevinsutan
    Anggota

    Selamat pagi, Dok. Sy mau bertanya. 6  hri lalu sy melakukan onani bersama teman saya. Dgn bantuan tangan sy, teman sy  ejakulasi dan spermanya tertinggal n mngenai tangan sy dan tangan teman saya. Beberapa saat kemudian, kami membersihkan sperma itu dengan tissue kering (30 detik). Setelah itu teman sy dan saya membantu mlanjutkan sy onani sampai sy ejakulasi. Kami ber 2 tidak melakukan anal sex atau oral sex. 

    Pertanyaan:

    1. Apakah sy berpeluang terkena virus HIV dlm melakukan aktivitas tersebut? Jika ya, brp persen peluang saya terkena? Di tangan sy tidak ada luka terbuka, hanya bekas luka pada saat saya jatuh dari sepeda 8 hari sebelum sy melakukan aktivitas tersebut. (lukanya sudah  sembuh, tidak sakit lg dan hanya luka kecil)

    2.Apakah ada peluang virus HIV itu msk ke tubuh sy melalui uretra pada penis? mengingat kami tidak mencuci tangan menggunakan air dan sabun, hanya menggunakan tissue kering sebelum saya dan teman saya membantu saya onani.

    3. Perlukah sy tes HIV? Dan kpn wkt yg tpat untuk mndapatkan hsil yang valid? Trima kasih bnyk dok.. mohon bantuan jawabannya. 

    Halo Kevinsutan, 

    Seperti yang telah dijawab sebelumnya, penularan HIV 1 dan penularan HIV 2, kemungkinan tertularnya Anda dengan aktivitas seksual yang Anda jabarkan ada namun sangat kecil. Anda bisa membaca persentasi tertularnya HIV melalui berbagai aktivitas pada artikel CDC-HIV Transmission ini. Melalui hubungan seksual penis-vagina, resikonya 4-8 kasus per 10.000, sedangkan anal seks mencapai 138 per 10.000. Pada kasus Anda, termasuk pada throwing body fluid yaitu hanya kontak cairan tubuh saja, yang persentasinya sangat kecil bahkan menurut CDC bisa diabaikan. Itu pun dengan asumsi jika partner seksual Anda sudah dipastikan positif HIV. Jika partner Anda negatif HIV, maka kemungkinannya tidak ada. 

    Jika partner seksual Anda tersebut positif HIV, tentu sebaiknya Anda melakukan tes HIV setidaknya 1 bulan setelah melakukan aktivitas tersebut. Sebelum 1 bulan, dikhawatirkan virus belum terdeteksi. Jika partner seksual Anda tidak positif HIV, maka Anda tidak perlu melakukannya. Tetapi jika Anda merasa sangat khawatir dan terus memikirkan hal ini, Anda bisa melakukan tes HIV untuk menenangkan Anda. Anda bisa melakukannya 1 bulan setelah aktivitas tersebut, dan mengulanginya 3 bulan kemudian untuk meyakinkan hasilnya. 

    Salam, 

    dr. Mega