Tanya Dokter

  • Penularan HIV melalui oral sex

  •  Gima Ghiar
    Anggota

    Dok, mau tanya berapa besar peluang penularan HIV melalui oral sex? Saya pernah melakukan kegiatan beresiko tersebut dengan wanita yang riwayat kesehatannya tidak saya ketahui. 3 (tiga) bulan setelahnya saya test HIV di sebuah RS Swasta dan hasilnya negatif (non-reactive). Apakah sudah aman Dok? Atau saya harus test ulang? Mohon pencerahannya. Terima kasih

    Hai, Peluang terinfeksi HIV melalui oral seks jauh lebih kecil dibanding seks melalui anal/ vagina. Diperkirakan sekitar 0,04% pelaku oral sex bisa terinfeksi HIV. Namun peluang ini akan meningkat jika ejakulasi dilakukan di dalam mulut. Selain itu kemungkinan terinfeksi HIV melalui oral sex akan meningkat jika :

    1. Dilakukan sehabis sikat gigi, melakukan dental floss dll
    2. Memiliki sariawan di mulut
    3. memiliki luka di daerah mulut
    Jika Anda telah melakukan tes Anti HIV 3 bulan setelah Anda terexpose dengan oral sex ini maka kemungkinan hasil Anda cukup akurat karena telah melewati masa periode jendela. Dengan hasil uji pertama non reaktif , beberapa ahli menyarankan pemeriksaan ulang 1 kali lagi untuk memastikan hasil tersebut. Jika hasil kedua dinyatakan non reaktif biasanya tidak perlu dilakukan pengetesan kembali. Namun Anda wajib melakukan pencegahan supaya tidak terinfeksi HIV dengan cara:
    1. Berpantang seks bebas
    2. Gunakan Kondom
    3. Setia kepada pasangan yang Anda ketahui jelas dalam keadaan SEHAT.
    Semoga bermanfaat.     dr. Yusi