Tanya Dokter

  • Penularan HPV yg terbentuk pada lidah

  •  Rian Sogen
    Anggota

    Hallo, dok. Saya mau bertanya. Berdasarkan topik mengenai HPV, dan Kanker Lidah yg saya baca, ternyata virusnya bisa merambat ke lidah ya dok? Muncul bintil bintil kecil yang susunannya melengkung. Nah kira2, muntahan atau air liur dpt menularkan nggak dok? Trims.

    Hai Rian, Perlu diketahui bahwa virus HPV tidak merambat ke lidah, melainkan ditularkan lewat seks oral dan ciuman. Penderita dengan virus HPV genital, tidak akan mengalami oral HPV jika tidak melakukan seks oral atau ciuman dengan mulut terbuka/french kissing dengan penderita HPV juga. Kanker mulut, tepatnya kanker orofaringeal, dapat terjadi akibat adanya virus HPV ini. Sekitar 2/3 penderita kanker ini, memiliki DNA virus HPV dalam tubuhnya. Penularan melalui ludah, air liur dapat terjadi dalam kontak erat pasangan, tetapi perlu diketahui juga, tidak semua penderita HPV yang melakukan oral seks atau french kissing akan menularkan virus ini. Banyak penelitian yang masih dilakukan untuk memastikan cara penularannya. Tentu, untuk menghindari penularan ini sebaiknya kita:

    • Tidak bergonta ganti pasangan seksual
    • Tidak berhubungan seksual baik oral seks maupun french kissing  dengan pasangan yang riwayat kesehatannya tidak jelas
    • Rutin melakukan cek up atas kesehatan pribadi, karena viru HPV kadang tidak menimbulkan gejala apapun
    Silahkan baca artikel di bawah ini, yang dapat memperkaya pengetahuan Anda tentang Oral HPV dan penularannya. Oral HPV-CDC HPV Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat

    Rian Sogen  Rian Sogen
    Anggota

    Terima kasih banyak dok. Salam.