Tanya Dokter

  • penularan kanker serviks

  •  Lenny Kusrini
    Anggota

    Selamt pagi dokter yg baik.. Saya merawat ibu saya yg trkena penyakit kakner rahim stadium3b(skrg ibu saya sudah meninggal) yg saya ingin tanyakan,apakah kanker servik penyakit keturunan atau bkn dok?trs slama saya merwat ibu saya saya bersentuhan kulit,serta mencuci (baju Dan CD) ibu saya ..apakah virus HPV akan tertular kpd saya..mohon jawabannya dokter,,trimakasih sebelumnya.

    Halo,   Kanker bukanlah penyakit keturunan, namun karena ibu Anda mengidap kanker maka resiko Anda terkena penyakit kanker menjadi lebih tinggi dibanding wanita lain yang tidak memiliki riwayat kanker dalam keluarganya. Virus HPV menular dengan cara :

    1. kontak langsung dengan kulit penderita terutama melalui hubungan seksual,
    2. pertukaran cairan tubuh (seks anal/ oral),
    3. menggunakan bahan yang terkontaminasi bersama (mainan seks, gunting kuku, handuk, dll)
    4. ibu kepada bayinya melalui persalinan normal ( kemungkinan kecil)
    5. dll.
    Namun belum tentu saat Anda terkontak dengan virus maka Anda otomatis langsung terkena kanker. Virus HPV memiliki banyak tipe. Dan kebanyakan menginfeksi seseorang tanpa menimbulkan gejala dan dengan imunitas tubuh yang baik infeksi tersebut menghilang dengan sendirinya. Namun beberapa tipe virus HPV serta kondisi tubuh seseorang seperti :
    1. imunitas kurang = penderita HIV , pengguna imunosupresan dll
    2. Usia tua
    3. Melahirkan terlalu banyak
    4. Pengguna pil KB
    5. Merokok
    6. Aktivitas seks terlalu dini
    7. Mempunyai hidup gaya seks bebas
    bisa meningkatkan resiko terkenanya kanker akibat infeksi virus tersebut. Untuk mencegahnya Anda bisa melakukan vaksinasi HPV untuk mencegah terjadinya kanker akibat virus HPV. Baca artikel Kanker serviks. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi