Tanya Dokter

  • Penyebab penurunan berat badan

  •  andi212
    Anggota

    apakah sakit punggung di area kanan bawah bisa menyebabkan penurunan berat badan drastis dok..? dari 1 tahun lalu sekitar 72 kg skg menjadi 58 kg? 

    udah 2 tahun ini saya mengalami sakit pinggang kanan bawah,kadang hilang kadang muncul.gejalanya nyeri kayak ditusuk jarum,..saya juga memiliki gastritis melalui endoskopi lambung, apakakah gastriris bisa menyebabkan berat badan turun drastis juga dok,.tetapi klo soal makan saya selalu nafsu seperti biasa.jadi klo soal asupan saya normal tetapi tetapi dilarang makan2an yg dilarang karena maaq

    gejala yg saya alami skg yakni  lemas,punggung bawah kanan nyeri,maaq sering ngisap di perut.. dan tetapi klo selalu test darah lengkap,gula puasa dan USG selalu hasilnya Normal semua. mohon saranya dok... bagusnya saya ke dokter mana?  

    pria, 30 tahun

    Salam,

    Adanya penurunan berat badan 14 kg merupakan kondisi yang perlu diperhatikan terhadap kebiasaan, penyebab penurunan berat badan ataupun aktivitas yang dilakukan. Namun bila tinggi badan Anda sesuai dengan berat Anda saat ini, maka kondisi ini secara umum juga tidak menjadi kendala.

    Pada pasien dengan penurunan berat badan 1-1,5 kg per bulan atau 14 kg per tahun, secara umum masih dikatakan wajar, dengan asumsi penurunan berat badan normal perbulan sekitar 1-4 kg per bulan. Selain itu, dari hasil pemeriksaan yang Anda lakukan juga tidak ditemukan kondisi yang beresiko terhdap kesehatan Anda. 

    Namun, dalam kondisi tertentu, penurunan berat badan yang tidak kita harapkan dapat dipicu oleh beberapa kondisi di bawah ini:

    1. gangguan lambung

    2. BAB lembek terus menerus atau diare kronis

    3. gangguan pencernaan sampai gangguan serapan makanan di usus, celiac disease, atau chorn's disease

    4. tidur larut malam

    5. stres atau cemas

    6. depresi

    7. kurang olah raga atau olah raga berlebihan

    8. penyakit kronis

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli gizi medis di kota Anda atau kota besar sekitar Anda di rumah sakit provinsi atau rumah sakit besar di kota. Dokter akan membantu mengevaluasi kondisi sistem tubuh Anda, sehingga dokter dapat menentukan kemungkinan pemicu keluhan ini. Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu anda lakukan adalah menghindari stres, dan hindari tidur larut malam. Bila Anda mempunyai kebiasaan  rokok, atau alkohol. Dan biasakan hidup sehat dengan makanan bergizi dan susu.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan.

    dr. Ulfi