Tanya Dokter

  • Mengatasi rasa stres yang berlebihan

  •  Eldan
    Anggota
    Saya karyawati perempuan umur 22 tahun. Dok, setelah beberapa saat lalu saya sempat mengalami stress hebat karena pengalaman yang traumatis saya mengalami penurunan daya ingat. Sekarang saya menjadi sangat kesulitan untuk menentukan bahasa, berpikir, dan mempelajari hal baru. Bahkan tidak jarang saya lupa total suatu hal seperti password (yang biasanya selalu saya gunakan setiap hari) dan sebagainya, seperti benar-benar blank. Kenapa bisa begitu ya dok? Apakah ada hubungannya dengan efek peristiwa yg sempat membuat terpukul saat itu? Apa solusinya? Karena hal ini saya mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan saya. Saya jadi merasa sangat lelah dengan kemampuan otak saya sekarang ini, rasanya ingin menyerah. Mohon sekali jawabannya, terimakasih banyak

    Halo Eldan......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Semua gejala yang Anda utarakan kemungkinan timbulnya didasari oleh gangguan psikologis berupa stres yang Anda alami, dimana stres merupakan suatu kondisi ketika seseorang mengalami tekanan yang sangat berat, baik secara emosi maupun fisik.

    Seseorang yang stres umumnya akan tampak gelisah, cemas, mudah tersinggung. Stres juga dapat mengganggu konsentrasi, mengurangi motivasi, dan pada kasus tertentu akhirnya dapat memicu depresi.

    Banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan seseorang mengalami stres, diantaranya adalah : masalah keuangan, hubungan sosial, riwayat trauma psikologis masa lalu, tuntutan di dalam pekerjaan, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Belajarlah menerima suatu masalah yang sulit diatasi atau hal - hal yang tidak dapat diubah.
    • Selalu berpikiran positif dan memandang segala hal yang terjadi didalam hidup ada hikmahnya.
    • Mintalah saran dari orang terpercaya untuk mengatasi masalah yang sedang dialami.
    • Belajar mengendalikan diri dan selalu aktif dalam mencari solusi.
    • Melakukan aktivitas fisik, meditasi, atau teknik relaksasi guna meredakan ketegangan emosi dan menjernihkan pikiran.
    • Melakukan hal - hal positif baru yang menantang dan lain dari biasanya guna meningkatkan rasa percaya diri.
    • Menyisihkan waktu untuk melakukan hal - hal yang disukai.
    • Melibatkan diri dalam kegiatan sosial untuk membantu orang lain.
    • Menghindari cara - cara negatif untuk meredakan stres, misalnya merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, atau menggunakan narkoba.
    • Move on.....

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, kondisi psikologis yang Anda alami semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MENGATASI STRESS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati