Tanya Dokter

  • Apakah leukimia bisa sembuh?

  •  Oxana Olania
    Anggota

    selamat pagi dok, dok apakah leukimia keturunan yang terjadi tetapi masih belum stadium bisa sembuh dikemudian hari dok ? dan tips dari dokter makanan dan minuman yang bagimana dan contohnya yang bisa menyembuhkan leukimia ini. Terimakasih dokter jawaban nya sangat membantu

    Halo,

     

    Leukemia adalah sebuah keganasan atau kanker pada jaringan pembentuk darah yang menyerang sel yang berperan melawan infeksi. Banyak sekali tipe dari leukemia ini yang memiliki jenis pengobatan spesifik yang tidak sama satu dengan lain.

    Seperti pada kanker umumnya, kanker tidak bersifat keturunan. Namun jika orang tua atau dalam keluarga memiliki riwayat kanker maka kemungkinan Anda untuk terkena kanker akan lebih tinggi.

    Leukemia memiliki jenis atau tipe berdasar kecepatan perjalanan penyakit, dikenal dengan istilah akut (cepat) dan kronis (lama atau perlahan). Tentu saja tipe akut lebih memiliki keluhan dan keparahan kondisi berjalan dengan cepat dalam hitungan minggu. Sementara kronis memiliki perjalanan penyakit hingga tahunan.

    Penanganan  leukemia adalah dengan menggunakan obat kemoterapi, operasi sumsum tulang , metode biologi, target sel terapi, dan stem cel terapi dll.

    Prognosis atau angka kesembuhan akan dipengaruhi oleh jenis leukemia, usia pasien, dan kecepatan terapi serta sudah menyebar atau belum jenis kanker ini.

    Hingga kini secara medis belum ada jenis makanan yang dianggap bisa membantu menyembuhkan kanker darah ini.

    Konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter secara langsung, agar dokter bisa memeriksa kondisi Anda dengan seksama dan melakukan tes medis dengan baik. Tes darah, analisa sumsum tulang, CT SCAN, BONE SCAN , PETSCAN, mungkin perlu dilakukan untuk memeriksa keseluruhan kondisi jenis leukemia Anda dengan baik dan agar bisa membantu dokter menentukan jenis obat yang paling sesuai dengan Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi