Tanya Dokter

  • Penyebab penyakit leukimia

  •  Oxana Olania
    Anggota

    Selamat sore dok, jadi kalau leukimia itu saya baca bisa sembuh tergantung umur, umurnya 15 tahun, tetapi dok belum memasuki stadium. dan juga sudah mengikuti terapi -terapi. Nah pertanyaan saya apa memang leukimia menyebabkan mimisan yang terus menerus? Apa penyebabnya? dan yang terpentig bagaimana kira kira selain melakukan pengobatan di rs apa yang mesti dilakukan untuk mengurangi penyakit tersebut dirumah? 

    Halo Oxana, 

    Leukemia atau kanker darah adalah kanker yang menyerang sel darah putih. Sel darah putih/leukosit fungsinya untuk melawan infeksi. Normalnya leukosit tumbuh dan berkembang dalam cara dan jumlah yang teratur, tergantung dari kebutuhan. Tetapi pada penderita leukemia, sumsum tulang memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang banyak dan abnormal. Sel darah putih ini walaupun banyak tidak bisa berfungsi dengan semestinya, bahkan membahayakan. 

    Berdasarkan perkembangan penyakitnya, leukemia dibagi menjadi akut dan kronik. Leukemia akut terjadi saat leukosit yang tidak normal/tidak matang ini diproduksi sangat banyak dan cepat  sehingga penyakitnya memburuk dengan cepat. Leukemia akut membutuhkan penanganan yang agresif dan secepat mungkin. Leukemia kronik progresivitasnya tidak terlalu cepat karena masih banyak sel matang yang diproduksi. Biasanya perkembangan penyakitnya lebih lambat bahkan gejalanya bisa tidak muncul hingga sudah dalam keadaan yang berat.

    Sebenarnya ada banyak tipe leukemia, di bawah ini adalah tipe yang umum: 

    • ALL (acute lymphocytic leukemia), leukemia yang paling umum pada anak-anak, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa
    • AML (acute myelogenous leukemia), leukemia akut yang paling umum pada orang dewasa
    • CLL (chronic lymphocytic leukemia), leukemia kronik yang umum pada orang dewasa, biasanya tidak bergejala selama bertahun-tahun
    • CML (chronic myelogenous leukemia), biasanya terjadi pada orang dewasa

     

    Leukemia bisa menyebabkan mimisan terus menerus, biasanya dikarenakan produksi trombosit yang berkurang akibat sumsum tulang terlalu banyak memproduksi sel darah putih yang tidak normal dan menekan produksi trombosit. Trombosit yang sangat rendah bisa menyebabkan perdarahan spontan, salah satunya adalah mimisan. 

    Penanganan leukemia tergantung dari jenis, keparahan dan berbagai faktor. Biasanya adalah kemoterapi, radioterapi, hingga transplantasi sumsum tulang. Dokter hemato-onkologi medik yang menangani pasien yang paling mengetahui langkah selanjutnya. 

    Cara untuk penanganan di rumah sebenarnya tidak ada, tetapi keluarga dan pasien jika sudah cukup umur bisa mempelajari sebanyak-banyaknya tentang leukemia dari sumber yang terpercaya. Kenali gejala-gejala kegawatdaruratan seperti perdarahan terus menerus, sesak nafas, tidak sadarkan diri, demam tinggi, dan lain sebagainya agar lebih waspada dan segera membawa pasien ke fasilitas kesehatan. Kontrol teratur dan mengikuti prosedur pengobatan agar pengobatannya maksimal. 

    Salam, 

    dr. Mega