Tanya Dokter

  • Bolehkah penderita ambeien olahraga?

  • Selamat malam dok, perkenalkan nama saya muhammad yengki usia 21, saya mau tanya apakah olahraga bersepeda aman untuk orang yang terkena ambeien ? TERIMA KASIH ...

    Halo,

    Wasir adalah pelebaran pembuluh darah balik di bawah mukosa/dinding anus sampai rektum, yang biasanya berbentuk benjolan di dalam rektum/di sekitar anus. Penyebab wasir sebenarnya belum diketahui pasti, namun ada beberapa faktor pemicu seperti konstipasi yang menyebabkan seseorang sering mengejan ketika buang air besar, mengangkat beban berat dengan menahan nafas, berhubungan seksual melalui anus, duduk lama, kelebihan berat badan, jarang bergerak dan berolahraga.

    Penanganan wasir biasanya diawali dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Pemilihan metode penanganan sangat tergantung dari lokasi wasir dan stadium wasir. Wasir bisa ditangani dengan obat-obatan, tindakan pengikatan wasir, suntikan skleroterapi, prosedur dengan inframerah. Bila penanganan tersebut tidak meringankan gejala, maka biasanya barulah dipertimbangkan untuk operasi.

    Perubahan gaya hidup sehat salahsatunya adalah dengan berolahraga, pilih olahraga yang tidak banyak duduk dan tidak mengejan. Sebenarnya bersepeda boleh saja, tapi sebisa mungkin bersepeda tidak lebih dari 30 menit, dapat dilanjutkan dengan jenis olahraga lain misalnya jogging, jalan cepat, renang, yoga, basket atau olahraga jenis lainnya. Lakukan olahraga secara rutin 5x seminggu, setiap sesi 30 sampai 45 menit sehari. Lakukan juga gaya hidup sehat lainnya secara konsisten, seperti mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, makan makanan bergizi seimbang (perbanyak buah dan sayuran), menghindari konsumsi makanan berlemak dan terlalu pedas, mengurangi/menghindari konsumsi minuman berkafein/beralkohol, berhenti merokok, beristirahat/tidur cukup di malam hari dan mengelola stress dengan baik.  

    Baca dalam artikel Alodokter ini untuk memahami mengenai Wasir.

    Demikian info yang dapat Kami bagikan, semoga membantu Anda.

     

    Salam sehat, Dr Caecilia Haryu Aryapti.