Tanya Dokter

  • Penyebab keluar nanah dan darah saat kencing dan sakit perut

  •  Maesty Utami
    Anggota
    Halo dok, selamat siang. Saya ingin bertanya, saudara sepupu saya umur 16th laki laki. Dia mengalami sakit pada perut akhir2 ini, lalu kemarin dia kencing mengeluarkan nanah & darah,tetapi saat kencing tidak sakit. Kira2 penyakit apa yg di derita ya dok? Terima kasih atas jawabannya

    Maesty yang baik,

    nyeri perut bisa disebabkan oleh masalah pada komponen organ yang terdapat dalam rongga perut. Di dalam rongga perut terdapat sistem pencernaan dan sistem kemih, pada perempuan terdapat sistem reproduksi yang menempati porsi cukup besar dalam rongga perut. Keluhan nyeri perut adalah keluhan yang umum ditemui, namun keluhan nanah dan darah pada saat kencing adalah salah satu gejala yang cukup spesifik yang bisa mengarah pada kondisi tertentu seperti :

    • infeksi saluran kemih
    • penyakit menular seksual seperti gonore
    • batu pada sistem kemih
    • infeksi pada kandung kemih sehingga menyebabkan peradangan

    Langkah pertama yang harus diambil ialah memenuhi kebutuhan cairan dengan minum 2-3 liter per hari dan jangan menahan kencing. Ini berfungsi untuk "membilas" saluran kemih yang bermasalah. Nyeri yang timbul dapat dikurangi dengan penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Mengenai nanahnya sendiri mungkin memerlukan pengobatan tambahan yang bisa Anda peroleh dengan memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai salah satu kencing nanah. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief