Tanya Dokter

  • Kulit kepala menebal dan berwarna putih

  • Halo dok, saya mau tanya. Belakangan ini kulit di telapak tangan saya menebal, dan setelah mandi jadi agak putih dan mengembang. Apakah itu gejala penyakit dok? dan bila penyakit, ini penyakit apa?

    Salam,

    Adanya keluhan kulit yang menebal (terutama pada telapak tangan) kemungkinan dapat disebabkan oleh gesekan berlebih pada telapak tangan kita, salah satunya berhubungan dengan pekerjaan kita sehari-hari, seperti bekerja berat, mengangkat, mencangkul, menarik, berhubungan dengan bahan kimia seperti pestisida atau pupuk, infeksi, ataupun kelainan genetik.

    Namun semua ini perlu Anda lakukan evaluasi dan perhatian setiap harinya dalam kaitannya dengan aktivitas dan mungkin keluhan penyerta lainnya. Penebalan kulit ini dikenal juga dengan palmar hyperkeratosis atau keratosis palmaris, namun kondisi ini perlu dipastikan oleh dokter spesialis kulit terhadap penyebab dan resikonya.

    Konsulkan dengan dokter spesialis Anda untuk pemeriksaan dan evaluasi terkait keluhan ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan evaluasi langsung pada kulit Anda. Dokter juga mungkin akan mempertimbangkan beberapa kemungkinan penyebab lain, seperti bekas trauma/ keloid , kalus (penebalan kulit karena trauma krinis), psoriasis atau penyakit gangguan kulit akibat sistem imun.

    Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan epitel atau lapisan kulit akan membantu mengetahui penebalan kulit ini.

    Pengobatan dan perawatan akan diberikan oleh dokter sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga keratosis palmaris.

    dr. Ulfi