Tanya Dokter

  • Penyakit dengan gejala sering pusing dan demam naik turun

  •  Rianita Widya
    Anggota

    Sudah hampir 2 hari ini saya mengalami demam tidak terlalu tinggi, namun naik turun. Biasanya saat demam, pada bagian kaki dingin. Saya juga mengalami pusing yang tidak tentu letaknya, kadang di belakang kepala, kadang di pelipis. Intensitas sakit kepalanya tidak terlalu lama, hanya sekejap namun sering kambuh. Dan terjadi pegal pada pundak. Untuk kehilangan nafsu makan, fotofobia, sakit saat menunduk maupun mendongak, dan lainnya tidak terjadi. Hanya saja, pusing ini menganggu saya. Kira-kira saya sakit apa ya, Dok?

    Hai Rianita, Keluhan yang Anda alami tidak khas, sehingga diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menelusuri penyebabnya. Bagaimanapun, demam yang Anda alami dapat menjadi indikasi adanya infeksi dalam tubuh. Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh berada di atas 37,5 derajat Celsius. Meskipun demam seringkali dapat menimbulkan kekuatiran, namun sebenarnya demam merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh dalam melawan infeksi akibat virus, bakteri, maupun parasit. Demam seringkali disertai dengan gejala lainnya pula seperti pusing atau sakit kepala, nyeri otot dan sendi, sakit tenggorokan, batuk, mual dan muntah, diare, dan sebagainya. Keluhan pusing dan nyeri otot yang Anda alami merupakan gejala penyerta dari kondisi medis yang menyebabkan timbulnya demam. Oleh karena itu untuk mengatasinya perlu ditelusuri penyebab demam dan sumber infeksi yang timbul sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan. Berikut ini berbagai kemungkinan penyebab timbulnya demam:

    Mengingat terdapat berbagai kemungkinan penyebabnya, untuk memastikannya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti tes darah dan sebagainya) dokter akan menelusuri penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi timbulnya keluhan:
    • Bila timbul demam dan nyeri otot dapat mengonsumsi obat pereda nyeri dan penurun demam seperti paracetamol atau ibuprofen
    • Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter sehari untuk mencegah dehidrasi saat demam
    • Kenakan pakaian yang tidak terlalu tebal dan dapat menyerap keringat dengan baik
    • Upayakan untuk berada di ruangan yang sejuk
    • Istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh
    Informasi berikut ini dapat berguna: Demam Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman