Tanya Dokter

  • Penyebab timbul lepuh yang berisi air di bibir

  • Assalamualaikum. Dokter saya Della umur 21 tahun. Saya mau bertanya, kenapa ya dok di muka saya bagian atas bibir itu awalnya ada seperti keringat malam yg merah, lalu paginya seperti melepuh ada air di dalamnya. Itu kerena apa ya dok? Terus obatnya apa? Bahaya tidak dok? Soalnya ini sudah 2 kali saya alami. Terimakasih. Mohon balasannya.

    Lepuh yang berisi air pada bibir dapat disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks. Virus herpes simplex sendiri terbagi menjadi 2 tipe, yaitu herpes simplex tipe 1 yang mengenai bibir dan rongga mulut dan herpes simplex tipe 2 yang mengenai kelamin. Herpes simplex merupakan salah satu penyakit menular seksual yang ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh dimana tubuh anda dalam kondisi kesehatan yang kurang prima.

    Kemungkinan lain penyebab keluhan anda yakni  infeksi bakteri, iritasi kulit di daerah bibir , kebiasaan menggigit bibir, dll.

     

    Untuk memastikan hal tersebut sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan langsung terhadap keluhan anda. Dokter kemungkinan akan memberikan salep maupun obat minum yang mengandung anti virus. Konsumsi obat tersebut sesuai petunjuk dokter agar keluhan dapat teratasi.

     

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    -Hindari berciuman atau seks oral selama sakit herpes

    -Hindari menggunakan alat makan bersama-sama

    -Jangan memecahkan sendiri benjolan berisi cairan

    -Jaga kebersihan aerah mulut dan tangan 

     

    Berikut artikel mengenai herpes simplex 

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia