Tanya Dokter

  • penyakit apa dan berbahaya tidak ?

  •  Andiin Borreg
    Anggota

    Siang dok. Saya wanita berumur 21 tahun. Sebelumnya saya tidak mendapatkan haid selama 2 bulan lebih, tapi kemudian saya haid seperti biasa. Sebulan kemudian saya haid tapi mengeluarkan gumpalan darah yang besar-besar dok. Setiap saya buang air kecil gumpalan itu keluar. Dan darah haid saya begitu deras, saya mengganti pembalut 29cm setiap 5 jam skali. Kejadian ini berlangsung selama seminggu. Tapi ini bulan kedua saya haid, mengeluarkan gumpalan darah yang besar-besar lagi dok. Darah yang keluar juga deras, tapi seperti darah segar. Saya menjadi lemas, tapi tidak mengalami sakit/kram perut berlebihan. Yang ingin saya tanyakan. Penyakit apa ini dok ? Apakah berbahaya ? Dan apa yang harus saya lakukan ? Terimakasih dok.

    Hai Andiin, Menstruasi merupakan siklus alami pada seorang wanita. Menstruasi terjadi karena meluruhnya dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan. Siklus menstruasi pada wanita biasany aterjadi setiap 23-35 hari selama 3-7 hari. Namun siklus menstruasi berbeda-beda sesuai dengan hormon pada wanita tersebut. Keadaan-keadaan menstruasi yang tidak normal seperti:

    1. Menorrhagia yaitu menstruasi dimana volume menstruasi lebih banyak dari biasanya
    2. Metrorrhagia yaitu menstruasi yang frekuensi nya sangat sering (terjadinya perdarahan dantara siklus menstruasi)
    3. Amenorrhea yaitu dimana menstruasi berhenti sama sekali
    4. Olygomenorrhea yaitu dimana menstruasiyang terjadi memiliki frekuensi yang lebih jarang dan volume yang lebih sedikit.
    Keadaan yang anda alami adalah dimana volume menstruasi sangat banyak yaitu menorrhagia. Menorrhagia dapat diebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau dapat juga disebabkan oleh adanya fibroid yang tumbuh di rahim. Keadaan lain yang anda alami adalah dysmenorrhea yaitu erasakan nyeri yang sanagat hebat pada saat menstruasi. RAsa sakit yang dialami seorang wanita saat menstruasi biasanya adalah normal karena hal tersebut diakibatkan oleh kontraksi otot rahim untuk meluruhkan dinding rahim. Namun, untuk memastikan keluhan yang anda alami sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidangan agar dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah dan pemeriksaan USG untuk melihat keadaan rahim anda. Jika diagnosis nya sudah dapat ditegakkan maka dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:
    • Kompres perut anda dengan air hangat
    • Konsumsi makanan tinggi nutrisi dan vitamin
    • Istirahat minimal 8 jam dalam 1 hari
    • Ganti pembalut setiap 4 jam
    • Konsumsi obat oereda nyeri seperti paracetamol
    • Hindari stress
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Mewaspadai menstruasi yang tidak normal Yang terjadi selama menstruasi Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit