Tanya Dokter

  • Nyeri pada payudara disertai keputihan

  •  Villyen
    Anggota

    salam dok, saya ingin bertanya;

    saya dalam beberapa bulan merasakan nyeri pada bagian atas kedua payudara, mengalami nyeri saat bak dan keputihan spt susu kental dan berbau,

    pada bulan ini saya sempat mengkonsumsi pil kianpi dan baru saya tahu setelah 2 minggu mengkonsumsi pil trsbut bahwa berisi obat kortikosteroid (dexamethasone).

    konsumsi obat tsb membuat wajah saya bengkak, sulit berkonsentrasi dan mudah lemas. kemudian saya menghentikan obat tsb.

    tapi sekarang saya merasa ada yang aneh, payudara saya semakin sakit, terasa nyeri kepala, nyeri saat bak, keputihan kental dan berbau, gangguan haid, jantung berdebar sangat kuat dan sesak bernafas, sulit bersendawa dan sering panas pada uluhati sprt terbakar (sya mmpunyai riwayat maag dan asam lambung).

    saya mengalami masalah dengan apa dok? mohon bntu saya. trmksih/

    Villyen  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Dexametason merupakan suatu obat yang termasuk ke dalam obat golongan steroid. Dexametason biasanya digunakan untuk mengatasi suatu peradangan yang terjadi di dalam tubuh, tetapi obat tersebut sebaiknya tidak digunakan sembarangan tanpa pemeriksaan oleh dokter terlebih dahulu.

    Dari keadaan yang anda alami, rasa nyeri pada payudara bagian atas, disertai dengan munculnya keputihan yang kental dan berbau, mungkin hal tersebut disebabkan karena infeksi pada organ kewanitaan. Infeksi pada organ kewanitaan dapat menyebabkan terjadinya keputihan yang bersifat tidak normal seperti misalnya keputihan yang berbau, berwarna kehijauan, kuning, ataupun merah. Selain itu keputihan yang tidak nornal juga akan menyebabkan rasa gatal, kemerahan pada vagina, dan konsistensi kental. Infeksi pada daerah kewanitaan dapat menyebabkan respons atau gejala demam yang lainnya seperti misalnya jantung berdebar, demam, sakit kepala, dan terkadang dapat terasa nyeri juga pada daerah payudara. 

    Menggunakan obat yang mengandung dexametasone memang dapat menyebabkan efek samping seperti moon face, penimbunan lemak pada daerah punggung, lemas, pandangan kabur, hipertensi, diabetes melitus, dan lainnya. Tetapi biasanya efek samping tersebut muncul ketika penggunaan yang sudah cukup lama. Selain itu penggunaan obat yang mengandung dexametason dapat menyebabkan iritasi lambung, sehingga mungkin saja bersendawa dan ulu hati sakit yang anda rasakan disebabkan karena hal tersebut.

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena peyebab lainnya seperti :

    • FAM ( Fibroadenoma mammae) pada payudara
    • Kista payudara
    • Tumor payudara tipe tertentu
    • Infeksi menular seksual ( jika sudah berhubungan seks)
    • Kanker serviks

    Oleh karena itu, untuk menentukan penyebab pasti dari keadaan yang anda alami, maka sebaiknya anda memerikskan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, USG, pemeriksan urine, atau pemeriksaan lendir vagina jika memang diperlukan.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Keputihan

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny