Tanya Dokter

  • nyeri di bagian tulang belakang

  •  Amelia Diwi
    Anggota

    Permisi dok Saya merasa nyeri dibagian tulang belakang. Awalnya hanya nyeri biasa, perkiraan saya mungkin efek datang bulan. Tetapi lama kelamaan nyerinya makin terasa, sampai harus menyanggah bantal dibagian belakang bila sedang duduk. Nyerinya terasa setiap hari, dan pas nyerinya parah banget sampai terasa ke bagian dada.

    Hai,   Apakah nyeri terasa di belakang leher/ dada / pinggang / pinggul? Adakah riwayat trauma pada tulang belakang Anda? apakah mereda dengan istirahat? Nyeri pada tulang belakang bisa disebabkan karena gangguan pada otot, sendi, saraf dan tulang belakang itu sendiri. Adapun kemungkinan penyebab nyeri pada Anda bisa dikarenakan  :

    1. Osteoporosis tulang belakang
    2. Tb Tulang
    3. Hernia nukleus pulposus
    4. Pergeseran ruas tulang belakang
    5. Gangguan otot penyangga pada tulang belakang
    6. Peradangan pada sendi tulang belakang
    7. Postur tubuh yang salah melakukan pekerjaan / duduk/ mengangkat barang.
    8. Kelainan tulang belakang yang miring / skoliosis.
    9. Trauma akibat terjatuh, terbentur pada daerah tulang belakang
    10. dll
    Untuk menentukan nyeri pada Anda maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti X-ray, EMG, CT SCAN, MRI dll akan diperlukan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli ortopedi untuk melakukan pemeriksaan yang menyeluruh dan terpadu. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari keluhan Anda. Pada dasarnya pengobatan nyeri pada tulang belakang meliputi :
    1. Obat obatan
    2. Blok saraf
    3. Psikoterapi
    4. Fisioterapi
    5. radiofrekuensi
    6. dll.
    Baca bahasan mengenai Nyeri punggung. Tetap beraktivitas ringan sesuai kemampuan, istirahat cukup, kompres dingin bagian yang terasa nyeri, melatih postur tubuh yg baik dan minum obat penghilang nyeri seperti paracetamol bisa mengurangi nyeri tulang Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi