Tanya Dokter

  • Penyebab lemas, mual, dan batuk setelah berhubungan intim dengan PSK

  • siang dok , 2 minggu lalu saya berhubungan dengan psk , nah setelah itu saya ko jadi males , lemes , mual , batuk , bab terus , keringetan terus , trus terdapat luka kecil di kaki tapi gatal , apakah penyakit saya dok ?

    Halo,   Kondisi yang Anda alami bisa disebabkan karena banyak faktor yang mungkin memiliki relasi kuat dengan gaya seks Anda, atau justru tidak berhubungan sama sekali. Kondisi medis yang menyebabkan keluhan Anda bisa saja disebabkan karena :

    1. Infeksi virus = flu, bronkitis, pneumonia dll.
    2. Diare
    3. Infeksi bakteri = thypoid, dll.
    4. Gejala awal terinfeksi HIV
    5. Dll.
    Untuk mengetahui penyebab keluhan maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan fisik yang menyeluruh dan seksama. Dokter akan menentukan pemeriksaan medis yang diperlukan setelah melakukan pemeriksaan fisik kepada Anda. Beberapa tes media yang mungkin disarankan antara lain adalah tes darah, rontgen, tes urin, tes analisa feses dll. Dengan mengetahui sumber penyebab maka pengobatan yng tepat bis diberikan. Untuk pemeriksaan kemungkinan infekai HIV maka Anda perlu menunggu minimal 3 bulan paska hubungan resiko tinggi agar melewati periode jendela dan mendapatkan hasil akurat. Cukup istirahat, banyak minum air putih, makan nutrisi seimbang dan jaga kebersihan makanan dan alat makan serta makan porsi kecil tapi sering. Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi