Tanya Dokter

  • Punggung kanan sakit dan bersendawa terus

  •  Rizqi Safitri
    Anggota

    Pagi Dok,Dok saya Fitri, saya mau bertanya ini sebenernya penyakit apa? Kalau malam mau tidur punggung kanan saya sakit dan besendawa terus. Kalau pagi jam5 pasti saya terbangun karena perut sakit dan sendawa terus juga. Saya sudah berkali-kali periksa ke dokter katanyanya dulu asam lambung naik,sekarang perut sudah tidak perih lagi.tapi anehnya lagi kalau sudah lewat jam 5 1/4 sampai malem sekitar jam8 pasti sudah tidak sakit perut dan sendawa.

    Halo Fitri, Sendawa merupakan sutu proses pengeluaran gas yang diproduksi oleh saluran pencernaan melalui mulut. Sendawa seringkali terjadi jika seseorang banyak menelan udara, makan atau minum yang menghasilkan banyak gas, sensitif terhadap makanan tertentu, kegemukan, stress, mengalami perubahan hormonal, sedang mengalami penyakit asam lambung, infeksi saluran pencernaan dan lain-lain. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mulai menganalisa apakah penyebab kembung yang terus menerus muncul ini. Catatlah makanan atau minuman yang kamu makan lalu amati reaksinya. Perhatikan juga apakah keluhan ini muncul ketikan menjelang menstruasi atau ketika kamu mengalami stress. Dengan mencatat semuanya, hal ini akan mempermudah kamu untuk mengetahui apakah pencetus dari keluhan kamu. Jika pencetus sudah diketahui, kamu hanya harus menghindarinya agar terhindar dari keluhan yang sama. Tetapi jika keluhan terus berlanjut, disarankan agar kamu memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam khusus bagian pencernaan. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara terperinci dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti endoskopi. Ketika sudah didapatkan diagnosis pasti, dokter akan memberikan terapi yang sesuai. Selain itu silahkan mengikuti anjuran di bawah ini :

    • Hindari makan sambil berbicara
    • Hindari makanan atau minuman yang mencetuskan terjadinya gas seperti kol, brokoli, bawang bombai, minuman bersoda, dll
    • Hindari produk olahan susu
    • Menurunkan berat badan
    • Hindari stress
    • Hindari merokok
    Silahkan membaca artikel berikut yang terkait dengan keluhan kamu Perut kembung Perut begah Semoga membantu, dr. Tri