Tanya Dokter

  • Sering merasa kaget dan jantung berdetak kencang

  • Dok, mau nanya dong, saya ko sering kagetan ya dok, bunyi keras sedikit saya kaget trus detak jantung saya detaknya keceng banget trus nafasnya kaya bosor begitu, ga cuma dikagetin kalo abis jalan trus duduk tiba" detak jantungnya kenceng banget, trus abis ituu dengkul berasa lemes banget telapak tangan lemes trus berasa sakit gitu tulang"nya, aneh banget ga sii, trus kalo abis dikagetin kan detaknya kenceng trus kayak nafasnya boros kayak sempet ngerasain sesek gitu trus lemess tiba" pingsan itu penyakit apa yaa dok? Tolong dijawab ya dong, terimakasih. Asalamualaikum.

    Hai Selvira, Umumnya orang merasa kaget akibat tidak siap dengan apa yang dihadapinya yang tiba tiba terjadi, dan setiap orang berbeda toleransinya terhadap hal tersebut. saat kaget, adalah normal jika jantung berdebar kencang dan nafas agak sesak atau cepat. Prinsip yang sama terjadi saat anda sedang marah, beraktivitas berat, maka jantung juga akan berdebar lebih kencang. jika tidak ada gejala tambahan, anda cukup beristirahat untuk menenangkan diri, dan relaksasi. Tetapi, jika anda memiliki keluhan tambahan seperti nyeri dada, lemas, sesak, sampai pingsan, tidak mampu beraktivitas berat, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anda. Mungkin akan dilakukan pemeriksaan fisik/jantung, pemeriksaan darah, resting EKG,treadmill,  ekokardiografi, dll, sesuai yang diperlukan. tips yang dapat kami berikan saat ini adalah:

    • sering berolah raga akan melatih jantung lebih kuat dan sehat
    • relaksasi, meditasi, bebas stress
    • hanya makan makanan dan minuman yang sehat, hindari junk food, perbanyak air putih,  sayur dan buah buahan
    • Stop rokok, alkohol minuman berkafein seperti teh dan kopi
    • Menjaga berat badan
    jika anda ingin lebih mengetahui tentang Jantung, silahkan dibuka pada link tersebut. demikian informasinya, semoga bermanfaat.