Tanya Dokter

  • jantung berdetak keras hingga menggigil dan pingsan

  •  fb-gearya
    Anggota

    Dok saya mau tanya,Stiap slsai makan saya merasa air liur saya terasa kental d tenggorokan & membuat saya sering meludah hingga trnggorokn trsa kering & ingin muntah. & pda situasi lain jika saya brbcra trllu lma saya air ludah saya jg mengental yang mmbuat sering mrsa ingin muntah,tnpa rsa mual d perut. & pda hal kondisi trparh biasanya rsa mual itu disertai jntung saya brdetak lbh keras,bdan terasa menggigil & lemas smpai klo tidak kuat hilang kesadaran bbrp jam. Gejala biasa brlngsng - 15menit. Sakit apakah saya dok? Terima kasih atas jwbnya.

    Hai, Hilang kesadaran / pingsan merupakan gejala serius yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut; hal ini bisa disebabkan oleh:

    Gejala air liur mengental mungkin disebabkan oleh aktifnya persarafan simpatis, yang biasanya muncul saat tubuh dalam keadaan gawat cairan seperti hipotensi, syok dan dehidrasi. Pada kondisi seperti ini, karena organ-organ vital seperti otak, jantung dan adrenal (kelenjar anak ginjal, yang memproduksi adrenalin yang penting dalam mempertahankan tekanan darah) lebih diutamakan aliran darahnya dibandingkan organ tubuh lain, dapat timbul gejala seperti kulit dingin, mual (karena gerakan usus berkurang), detak jantung lebih keras dan lemas. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah hingga CT-Scan untuk menunjang diagnosis. Apabila dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan kelainan, mungkin gejala-gejala yang Anda rasakan berkaitan dengan masalah psikis seperti stres, cemas, depresi dan sebagainya. Baca juga tentang gangguan psikosomatis. Tips berikut mungkin membantu:
    • Minum sekurangnya 2 liter air per hari
    • Istirahat cukup setiap hari
    • Hindari berkendara sendirian untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat hilang kesadaran
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma