Tanya Dokter

  • Hidung tersumbat dan sulit bernapas

  •  Nova1181
    Anggota

    selamat siang dokter, saya ingin bertanya tentang penyakit saya

    gejala yang saya alami hidung saya tersumbat dan terasa sulit bernafas, tangan dan kaki saya dingin dan basah , apakah ada gangguan dengan organ saya ? mohon pencerahannya dokter terima kasih................

    Nova yang baik,

    hidung yang dirasa tersumbat bisa jadi memang terdapat sumbatan pada daerah hidung. Sumbatan ini bisa berasal dari beragam kondisi. Yang paling sering ialah karena penyempitan rongga hidung akibat pembengkakan mukosa yang melapisi dinding dalam hidung. Pembengkakan dinding dalam hidung bisa disebabkan oleh proses alergi maupun infeksi saluran pernapasan oleh virus, bakteri, maupun jamur. Kondisi ini seringkali diperparah dengan menumpuknya ingus atau lendir hasil produksi selaput mukosa pelapis dinding dalam hidung. Selain oleh karena pembengkakan dalam hidung, sumbatan juga bisa disebabkan oleh adanya massa seperti tumor jinak dalam hidung. Massa ataupun tumor yang biasa terdapat di dalam hidung ialah polip nasal yakni jaringan bertangkai yang tumbuh akibat proses alergi berkepanjangan. 

    Mengatasi keluhan hidung tersumbat ini bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Bila didasari oleh proses alergi, menggunakan dekongestan adalah salah satu alternatifnya, namun obat ini sebaiknya diperoleh setelah melalui pemeriksaan fisik terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu mencuci hidung dengan larutan salin dapat membantu mengurangi efek alergi. Sementara apabila disebabkan oleh polip, maka biasanya tindakan lanjutan berupa pengangkatan polip lewat prosedur operasi diperlukan. Oleh karenanya kami menganjurkan Anda untuk memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan penanganan selanjutnya. Berikut kami lampirkan artikel mengenai hidung tersumbat. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief