Tanya Dokter

  • Gejala penyakit herpes genital

  • Siang dok.sebulan yg lalu saya berhubungan intim dengan pacar saya.terus saya sakit demam jga badan saya sakit sakit.badan terasa terbakar.jga kemaluan saya sakit saat buang air.di mr p saya keluar cairan putih sedikit sedikit.pas saya kedokter saya diagnosis spilis.terus says disuntik dan diberi obat sakit kencing katanya.pas saya ngomong ke pacar saya katanya dia mempunyai penyakit herpes.sekarang saya sembuh dari semua nya.tpi kadang jga saya merasakan demam dan rasa terbakar di seluruh badan jga masih merasakan sakit ketika kencing kalo sehabis hubungan intim sama istri saya.yg saya ingin tanyakan apakah saya tertular penyakit herpes? Juga apakah istri saya bisa tertular sedangkan saya tidak mengalami bwntolan lengkingan lengkingan karena saya cemas danhawatir saya menkonsumsi obat asiklovir 400 tiap hari 2 kali..mohon penjelasanya dok? Terimakasih

    Oh iya dokter sekarang saya jga mengalami bintik bintik kecil tersebar di sekitar dada,lengan dan jga muka kaya ada cairan putih didalamnya tpi ukuran kecil banget jga tidak bergerombol hanya tumbuh satu persatu jarang jarangan gitu.apakah ini dampak dri melakukan hubungan intim dengan orang yg terkena herpes? Agar tidak betkelanjutan tindakan apa yg harus saya lakukan?

    Hai, Herpes genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus. Gejalanya meliputi:

    • Timbul benjolan berisi air (vesikel) pada area kelamin dan sekitarnya
    • Benjolan dapat pecah dan membentuk luka terbuka yang dapat terasa gatal atau perih
    • Nyeri saat buang air kecil
    • Mengalami gejala flu seperti demam, nyeri otot, kelelahan dll
    Jika Anda melakukan kontak seksual dengan orang yang menderita Herpes genital, maka kemungkinan bisa saja Anda tertular, dan dapat menularkannya pula kepada istri Anda. Namun demikian keluhan yang Anda alami (nyeri saat buang air kecil dan keluar cairan putih dari penis) dapat pula disebabkan oleh berbagai kemungkinan penyebab yang lain: Oleh karena itu untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda kembali berkonsultasi dengan Dokter yang merawat Anda. Dokter akan menelusuri lebih lanjut dan menganjurkan pemeriksaan yang dibutuhkan seperti tes darah, tes urine dan lainnya. Pengobatan yang tepat hanya dapat ditentukan dengan mengetahui penyebab yang mendasarinya. Hindari menebak-nebak diagnosis penyakit dan mencoba mengobati sendiri karena setiap penyakit membutuhkan jenis, dosis, dan cara pengobatan yang tepat sesuai penyebab. Bintik yang timbul pada kulit dapat berhubungan langsung maupun tidak dengan keluhan yang Anda alami sebelumnya. Bintik pada kulit dapat disebabkan oleh: Beberapa anjuran yang dapat dilakukan:
    • Makan secara teratur dengan gizi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit
    • Hindari melakukan hubungan seksual selama dalam pengobatan, atau gunakan pengaman (kondom) saat berhubungan seksual
    • Lakukan pengobatan bersama-sama dengan pasangan untuk menghindari efek ping-pong (kembali saling menularkan)
    • Bersikap saling setia dengan pasangan
    • Lakukan kontak seksual secara bertanggung jawab
    Baca laman artikel berikut ini: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman