Tanya Dokter

  • mudah mengalami perubahan suasana hati

  • Dok, saya ingin mendapat klarifikasi, apakah saya menderita penyakit mental yang serius dengan ciri-ciri yang alami seperti di bawah ini?

    saya merasa heran dengan diri saya, terkadang saya merasa sangat sedih hingga rasanya ingin bunuh diri dan sangat pesimis. akan tetapi, terkadang saya juga merasa optimis bahwa saya bisa melalui tantangan, saya bisa jadi pemenang dari situasi hidup yang saya alami ini. Kemudian, ada satu masa saya tidak merasakan apapun, hati saya benar-benar kosong bahkan ketika berdo'a, yang biasanya hati saya selalu deg-degan, pada masa ini tidak ada rasanya.

    Sekedar informasi, saya anak broken home, Dok, dulu sewaktu SMA orang tua sering bertengkar, banyak masalah hidup yang saya alami. Tapi, saya tidak pernah menangis, rasa sedih itu saya telan sendiri, saya selalu menyibukkan diri dengan belajar dan juga menulis diary hingga rasa sedih, takut dan cemas itu hilang. apakah hal yang terjadi di masa lalu itu berdampak terhadap kepribadian saya? Jika saya memang menderita penyakit mental, solusi apa yang bisa saya lakukan untuk menyembukannya secara mandiri?

    Terima kasih untuk waktunya, Dok.

    salam kenal

    Sunia.

    Halo Sunia...... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Kondisi yang Anda alami memang dapat mengarah ke gangguan mental yang dalam bahasa medis disebut sebagai bipolar, dimana kondisi ini terjadi ketika seseorang mengalami perubahan suasan hati secara fluktuatif dan drastis === dari keaadan murung --- menjadi bahagia. Terdapat 2 episode dalam gangguan bipolar, yaitu episode mania === penderita terlihat sangat bersemangat, optimis, enerjik, dll. Sedangkan pada episode depresi === penderita terlihat sedih, lesu, hilang minat dalam kegiatan sehari - hari, ingin bunuh diri, dll. Karena kondisi yang Anda alami sudah sangat mengganggu Anda, maka Kami sangat menyarankan kepada Anda untuk  segera menemui Dokter Spesialis Kesehatan jiwa / Psikiater agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan yang diperlukan terkait hal ini, yang meliputi : tes wawancara, tes darah lengkap, pemeriksaan fisik, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan yang Anda alami diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : BIPOLAR Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. salam, Dr. Jati

    Terima kasih atas tanggapannya, Dok. Dengan adanya diagnosis tersebut, saya jadi bisa melaporkan situasi ini pada orang tua saya untuk ditangani lebih lanjut. Selama ini saya menduga bahwa itu hanya salah satu efek stress karena banyak tugas. Tapi, setelah saya buka diary saya, saya melihat pola suasana hati yang sama selama 2 tahun belakangan. Oleh karena itu, akhirnya saya memutuskan untuk bertanya. Jawaban dari Anda sangat membantu. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.