Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk batuk berdahak

  • Selamat malam dokter.. Saya pertama kali terkena batuk berdahak disertai dada terasa sakit. Kata ibu saya penyebabnya karena masuk angin karena hari itu badan saya kurang vit tetapi saya paksakan berenang. Apa penyakit yang saya derita dan bagaimana penanganannya ?

    Velina yang baik,

    batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan, bahkan yang berukuran sangat kecil seperti debu. Batuk terjadi oleh karena rangsangan pada reflek batuk yang terletak pada saluran napas. Dahak yang ada diproduksi oleh lapisan selaput lendir yang menyusun saluran napas. Lendir yang diproduksinya membantu menangkap debu yang ada agar tak bergerak ke saluran napas yang lebih dalam lagi. Lendir inilah yang dibatukkan dalam bentuk dahak. Kondisi batuk berdahak ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti infeksi saluran pernapasan baik oleh virus, atau bakteri, maupun oleh proses alergi. Pada umumnya pada proses infeksipun terdapat proses alergi, yang ditandai dengan produksi dahak yang banyak.

    Yang dapat dilakukan pada saat batuk tentunya ialah mengonsumsi cairan yang cukup yakni sekitar 2-3 liter per hari dan memastikan asupan bergizi dan beristirahat dengan baik agar dengan daya tahan tubuh yang baik, tubuh dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Namun demikian apabila kondisi ini kian berlanjut, jangan ragu memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih jauh. Berikut kami lampirkan artikel mengenai batuk berdahak. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief