Tanya Dokter

  • Penyebab Bell's Palsy

  •  Hanada
    Anggota
    Saya pria berumur 30 tahun, 3 Hari lapu terkena bell's palsy..setepah berselang 3 Hari baru ke dokter saraf, konsultasi Dan diberikan resep obat acycovir 200mg 3x1, imunos Plus 1x1, Lameson 16mg 3x1,Kalmeco 500mg 3x1, OMZ untuk maag 1x1. Saat saya konsultasi dokter tidak menyuruh saya CT scan/ MRI karna katanya sudah keluar dari otak & tidak perlu terapi (hanya perlu pijat wajah saja dgn tangan) & tidak diobati kortikosteroid apakah tidak apa2 dok?? & kapan waktu untuk terapi yang tepat? Sy sebelum ke dokter sudah beberapa Kali kompres dgn air hangat.apa tidak apa2 dok.?? Mohon msukan Dan penjelasannya

    Hallo Hanada, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Bell’s palsy adalah suatu kondisi dimana terjadinya kelumpuhan atau kelemahan pada salah satu sisi otot di wajah yang yang bersifat sementara. Penyebab bells palsy ini adalah karena terjadinya peradangan saraf yang mengendalikan otot dan saraf wajah. Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab pasti yang menyebabkan peradangan saraf ini, namun penyakit ini lebih umum terjadi pada wanita hamil, penderita diabetes, dan HIV.

    Gejala dari bell's palsy dapat berupa :

    ·         Kelemahan atau kelumpuhan salah satu sisi wajah

    ·         Sulit untuk membuka atau menutup mata dan mulut.

    ·         Sakit telinga pada sisi wajah yang mengalami kelumpuhan.

    ·         Telinga yang pada bagian wajah yang sakit akan lebih sensitif terhadap suara.

    ·         Berdenging di salah satu telinga atau keduanya.

    ·         Penurunan atau perubahan pada indera perasa.

    ·         Bagian mulut yang terpengaruh akan mudah berliur.

    ·         Mulut terasa kering.

    ·         Rasa sakit pada sekitar rahang.

    ·         Sakit kepala dan pusing.

    ·         Kesulitan untuk makan, minum, dan berbicara.

    Pengobatan Bells Palsy dapat terdiri dari :

    ·         Penggunaan obat prednison atau kortikosteroid

    ·         Obat anti virus

    ·         Perawatan mata

    ·         Fisioterapi

    ·         Suntikan botox

    ·         Operasi plastik

    Berdasarkan obat - obatan yang anda dapatkan seperti :

    • Acyclovir, merupakan obat anti virus yang berfungsi untuk membantu mengatasi infeksi akibat virus
    • Imunos plus, merupakan merk dagang yang mengandung multivitamin yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh
    • Lameson merupakan merk dagang yang mengandung metylprednisolon yang merupakan glukokortikoid sintetik yang termasuk kedalam kortikosteroid.
    • Kalmeco merupakan merk dagang yang mengandung mecobalamin yang merupakan vitamin untuk saraf yang menjaga fungsi - fungsi sel saraf agar tetep bekerja dengan baik. 

      Jadi sebenarnya pengobatan yang telah anda dapatkan dari dokter sudahlah tepat, Anda sudah mendapatkan obat antiradang kortikosteroid dengan merk lameson, obat antivirus acyclovir, dan multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta vitamin untuk saraf tersebut. Kemudian anjuran dokter untuk memijat wajah dengan tangan pun dapat tergolong kedalam fisioterapi mandiri yang dapat anda lakukan dirumah untuk membantu proses penyembuhan. Sebaiknya segera lakukan pengobatan dan penanganan yang tepat untuk penyakit bell's palsy ini jika memang sudah mulai terasa adanya keluhan, jadi jangan sampai ditunda - tunda. Pengompresan wajah dengan menggunakan air hangat tidak memberikan efek negatif maupun positif dalam proses penyembuhan bells palsy ini, sehingga anda bebas melakukannya dan tidak juga tidak ada larangan untuk melakukannya.  

      Jika keluhan yang anda alami tidak kunjung mengalami perbaikan, sebaiknya periksakan kembali kondisi anda ini ke dokter, agar dilakukan evaluasi dan pemeriksaan kembali serta penanganan lebih lanjut bagi kondisi yang anda alami. 

      Semoga informasi ini bermanfaat 

      - dr. Lia N. Amalina