Tanya Dokter

  • benjolan di selangkangan sebelah kiri

  •  Tycka Naura
    Anggota
    Selamat siang dok.. sy perempuan disebelah selakangan sy sebela kiri tumbuh benjolan sangat kecil sekali tp tidak terasa sakit bila di pencet atau di pegang .. tp kepala sy lebih sering pusing itu penyakit ap ya dok

    Terima kasih Tycka Naura atas pertanyaannya.

    Keluhan yang Anda rasakan sebenarnya harus diperiksa langsung. Setiap benjolan yang tidak normal disebut sebagai tumor dalam bahasa kedokteran. Tumor ini ada yang jinak dan ada yang ganas. Ciri dari tumor jinak adalah:

    1. Pertumbuhannya lambat

    2. Tidak menyebar / invasif

    Salah satu yang sering terjadi adalah lipoma. Lipoma ini dapat tumbuh dengan berbagai ukuran dan di berbagai tempat. Lipoma ini bersifat kenyal dan berbatas tegas. Lipoma juga biasanya tidak nyeri. Selain lipoma, masih ada hal lain yang dapat menyebabkan hal ini, misalnya ateroma, kelenjar getah bening, urtika, dan lainnya.

    Karena itu, untuk memastikannya sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter khususnya dokter spesialis bedah.

    Mengenai sakit kepala yang Anda rasakan, nampaknya hal ini tidak ada kaitannya dengan benjolan di selangkangan Anda. Kecuali, jika Anda sedang mengalami suatu infeksi, infeksi tersebut dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening (yang salah satunya ada di selangkangan) dan juga sakit kepala. Jika Anda tidak ada demam ataupun radang, maka sakit kepala tersebut sepertinya tidak berkaitan dengan benjolan di selangkagan.

    Penyebab sakit kepala ada banyak, mulai dari kelaian di kepala sampai yang berasal dari organ lain (misalnya sakit gigi, mata, telinga, dan lainnya). Sakit kepala pun ada yang berbahaya dan tidak berbahaya. Salah satu sakit kepala yang paling sering terjadi adalah sakit kepala tipe tegang. Hal ini biasanya dipicu oleh stres dan mempunyai ciri:

    - Intensitas tidak terlalu berat (pasien masih dapat beraktivitas)

    - Sakit seperti diikat

    - Menjalar hingga ke leher

    Karena banyaknya penyebab sakit kepala, maka sebaiknya Anda berobat ke dokter khususnya dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk sementara, yang dapat Anda lakukan di rumah:

    1. Hindari stres

    2. Konsumsi makanan bergizi

    3. Hindari stres

    4. Konsumsi obat seperti parasetamol jika kepala pusing

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Tumor

    Pusing

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya

    Tycka Naura  Tycka Naura
    Anggota
    Makasih dok...