Tanya Dokter

  • Gejala Bipolar

  •  Wardhani2411
    Anggota

    Selamat malam dok. Nama saya Wardha, usia saya 14 tahun. Saya kelas 2 SMP. Saya berasal dari keluarga broken home. Orang tua saya cerai. Saya sering kali mengalami perubahan mood yang cukup menyeramkan. Kadang saya senang, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, cerewet, sangat humoris, terlalu banyak tingkah. Tapi, kadang saya juga ingin menyendiri, ingat peristiwa perceraian ortu saya, menangis, melakukan self harm, dan ingin mati. Apakah itu gejala bipolar? Atau memang emosi saya masih labil? Terima kasih dok.

    Wardhani2411  Wardhani2411
    Anggota

    Tolong jawab.... :(

    Hai Wardhani, Bipolar merupakan masalah kejiwaaan yang menyebabkan penderitanya mengalami perubahan suasana hati yang sangat berbeda dalam waktu yang singkat. Misalnya saat sedang murung atau sedih tiba-tiba menjadi sangat bahagia. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan gangguan bipolar namun diyakini berhubungan dengan adanya gangguan pada zat pengantar sinyal di otak. Faktor pemicunya antara lain adalah faktor stres dan faktor gaya hidup seperti konsumsi minuman keras atau obat-obatan terlarang Pengobatan yang dilakukan harus dilakukan dengan waktu yang lama dan membutuhkan kesabaran dari penderitanya. Pengobatan yang diberikan harus berdasarkan resep dokter psikiatri. Sehingga sebaiknya anda melakukan konsultasi  ke dokter spesialis kejiwaan agar dapat diberikan solusi yang terbaik dan terapi yang sesuai. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Berfikiran positif
    • Melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dengan mendekatkan diri dengan kegiatan keagamaan
    • Hindari menyendiri
    • Jangan menyimpan rasa kesal dan masalah anda sendiri tetapi ceritalah dengan teman yang anda percaya
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Gangguan Bipolar Semoga membantu dr. Yosephine

    Wardhani2411  Wardhani2411
    Anggota

    Dok.. Kadang saya juga merasa panik secara tiba-tiba. Jantung saya berdebar kencang. Nafas saya tersengal2 seperti orang kelelahan krn berlari. Saya merasa takut dengan lingkungan sekitar saya. Saya merasa tak mempunyai siapa2 dan bingung. Saya merasa seperti orang gila yang akan mati. Saya merasa gelisah dan merasakan pusing. Kalau seperti ini tanda penyakit apa dok? Saya takut dengan diri saya sendiri. Saya juga takut bercerita kepada keluarga saya. Saya pernah bercerita sekali dan mereka seakan2 tidak peduli. Mohon jawabannya dok..

    Wardhani2411  Aldy Petrucci
    Anggota

    saya juga seperti itu, hampir mirip

    Wardhani2411  Ivan_Petrovsky
    Anggota

    Wardhani2411@ curhat yuk, aku juga penderita gangguan Bipolar

    Wardhani2411  Fadhillah
    Anggota

    saya juga sama seperti itu..dan saya jadi tidak bisa cerita,mempercayakan masalah saya dengan teman bahkan dengan keluarga saya karna saya cerita pun tidak ada yang peduli

    Wardhani2411  Atilla Vinka
    Anggota

    Saya juga begitu waktu masih remaja,keluarga saya juga broken home dan hidup dalam kemiskinan.Saya dulu sempat mikir kalau saya ini pribadi ganda atau penyakit jiwa lainnya.Tapi diusia dewasa saya geleng2 kepa la,betapa dulu saya suka mendramatisir keadaan.menurutku kamu cuma stress dan dalam proses pencarian jati diri.gak baik terlalu cepat mendiagnosa diri dengan suatu jenis sakit jiwa.Daripada fokus kesitu,lebih baik kamu manfaatkan fasilitas2 yang kamu punya untuk menggapai mimpimu.Banyak anak2 diluar sana,sudahlah kering kasih sayang perutpun juga kelaparan.