Tanya Dokter

  • gatal kambuhan di sela-sela jari yang berair setelah digaruk

  •  Taswin Rahmat
    Anggota

    Pagi dok. Saya mempunyai penyakit gatal yang sudah 3 bulan. bulan pertamanya itu semua keluarga besar dari ayah saya terkena penyakit ini. Seperti virus yg menetap sementara tapi hanya saya yg masih mengalami penyakit ini. Penyakit ini selalu gatalbpada saat malam dan apabila saya garuk. akan terasa sakit sekali sampai luka. Kadang saya menggaruknya menggunakan kain dan setelah saya garuk. Bekas lukanya akan mengeluarkan cairan putih bening seperti air. Ad jg yg seperti sisik saat kering dan ad jg yg tdk pernah saya ganggui dan warnanya kuning. Ini penyakit berada d sela sela jari.

    Pada saat bulan pertama penyakit ini berada d bagian tangan, d kaki dan d perut.

    Tapi sekarang yang tertinggal hanya d tangan yg lainnya sudah kering dan meng hitam. Saya sudah menggunakan salep dan agak cepat mengering tapi selalu saja kembali saya jg sudah minum obat. Tapi tetap saja selalu kembali.

    Mohon solusi atau obat untuk menyembuhkan penyakit ini.

    Hai, Gatal-gatal pada kulit di sekitar jari dan disertai dengan adanya bentol-bentol berisi air dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya :

    1. infeksi jamur - tinea (kurap)
    2. infeksi parasit - skabies (kudis)
    3. dermatitis kontak alergi - akibat paparan kulit terhadap zat pemicu alergi
    4. dermatitis kontak iritan - akibat paparan kulit terhadap zat yang bersifat iritatif
    5. dan lainnya.
    Kudis / skabies terjadi karena infeksi dari tungau kasur Sarcoptes scabei. di Pada kudis / skabies, terdapat beberapa gejala yang khas, diantaranya :
    • penyakit kulit ini menyerang sekelompok orang, biasanya yang satu tempat tinggal
    • gatal memburuk pada malam hari, hal ini terjadi karena tungau aktif menggali 'terowongan' di bawah kulit pada malam hari
    • lesi pada kulit berupa bentol-bentol kecil berisi air, terutama di sela jari
    Namun, untuk memastikan apa yang menjadi penyebab gatal yang Anda alami, sebaiknya Anda menemui langsung dokter / dokter spesialis kulit. Dokter akan melihat secara langsung bentuk lesi pada kulit Anda dan melakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti tes tinta dan mengambil sedikit contoh jaringan kulit untuk diperiksa di lab. Pengobatan yang diberikan akan berbeda-beda tergantung apa yang menjadi penyebab dari keluhan yang Anda alami. Jika memang benar Anda menderita kudis, berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membasmi tungau dan mencegah penularan :
    • cuci dan rendam sprei, sarung bantal guling, dan pakaian dengan air panas. karena tungau kasur tahan terhadap air biasa dan sabun
    • jemur kasur di bawah terik matahari
    • jangan bertukar handuk dan pakaian
    • jangan menggaruk lesi kulit yang gatal
    • gunakan obat yang diberikan dokter sesuai anjuran
      Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.

    Taswin Rahmat  Taswin Rahmat
    Anggota

    Trimakadih dok atas sarannya. Saya akan mencoba semuanya