Tanya Dokter

  • Penyakit gatal, berair dan berkepanjangan

  •  edy sinaga
    Anggota

    selamat siang dokter,

    saya Edi,umur 25 thn. sya memiliki keluhan gatal di pergelangan kaki, tangan, kulit kepala, pangkal hidung juga dibelakang telinga. ini berawal dari gigitan nyamuk di kaki sya dan gatal dan akhirnya melebar. kalau di garuk akan berair banyak dan terkadang berdarah jika digaruk terlalu keras. sya sudah coba berulang kali berobat ke dokter, bidan tak juga kunjung sembuh sudah hampir menjalani setahun. penyakit ini akan bertambah gatal jika saya mengkonsumsi daging ataupun telur ayam. berair dan gatal teramat sangat dan akhirnya melebar.

    terkadang juga menyerang bekas luka lama. bermula bintik kecil berisi air, teramat gatal dan digaruk pecah dan melebar.

    sya membaca di internet bahwa ada kemiripan dengan dua jenis penyakit yakni; kandadiasis dan psoriasis.

    apakah penyakit sya dapat digolongkan kepada slah satunya dok?

    terima kasih,

     

    salam

    edy sinaga  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Edi

    Bisa jelaskan lebih lagi mengenai cairan yang ada? Apa berwarna putih atau ada nanah atau berwarna lain?

    Apakah ada bau tertentu dari cairan itu?

    Apa kamu sudah pernah menjalani tes alergi?

    Apa kata dokter yang kamu temui sebelumnya dan apa saja obat yang diberikan? Apa obat sama seklai tidak membantu gejala?

    Ada banyak penyebab gejala kulit gatal-gatal dan melepuh:

    1 dermatitis kontak - kondisi dimana kulit mengalami reaksi alergi karena terpapar sesuatu misalnya zat kimia, lateks atau bahan perekat

    2 penyakit kulit eksim

    3 infeksi bakteri - misalnya impetigo, erisipelas

    4 infeksi virus - misalnya herpes

    5 infeksi jamur - candidiasis

    Untuk memastikan mana penyebab gejala yang kamu rasakan, setidaknya perlu diperiksa langsung oleh dokter dan mungkin diperlukan tes medis.

    Jauhi juga hal-hal yang kamu curiga memicu atau memperparah gejala-gejala yang kamu rasakan. Pastikan asupan nutrisi dan air putih kamu cukup agar kekebalan tubuh tetap maksimal. Makan buah dan sayuran yang cukup juga. Pakai pakaian yang ringan dan tidak ketat. Usahakan untuk tidak menggaruk bagian kulit yang gatal. Kamu bisa mengoleskan lotion kalamin atau minum obat anti-histamin untuk mengurangi rasa gatal dan ruam. Ketika ruam/gatal-gatal sedang kambuh, hindari mengoleskan bahan-bahan pelembab kulit terutama yang mengandung parfum.

    Karena sudah berkelanjutan dan sepertinya sangat menganggu kamu, saya sarankan untuk ke dokter kulit. Ini supaya diagnosis yang tepat bisa dilakukan dengan pemeriksafaan fisik langsung dan mungkin beberapa tes medis. Dengan diagnosis yang tepat, pengobatan yang benar bisa segera dijalani.

     

    Dr Liyadi

    edy sinaga  edy sinaga
    Anggota

    Hi Dokter, Terimakasih atas penjelasannya dok. Adapun cairan/air yang keluar dari ruam yang digaruk itu berwarna bening dan tidak berbau, dan akan menebal/menjadi sisik  diruam jika kering. Utk saat ini sya belum pernah berobat ke Dokter spesilis kulit berhubung didaerah sya susah utk mencarinya. sya hanya berobat ke Bidan dan Dokter umum yang tidak memberikan secara rinci  nama dan jenis penyakit yang saya alami. dan obat yang diberikan semua hampir sama yakni salap MIKONAZOL / sejenisnya [ maaf saya kurang hafal namanya].  Dan ada juga obat generik untk diminum, akan tetapi tidak membuahkan hasil yang maksimal. penyakit saya ini sudah sya alami sebanyak 3 periode, pertama sewaktu sya masih umur kira2 15 thn, [sembuh] yang kedua umur 23 thn, yang ketiga yang paling parah hingga saat ini.  Dan selalu mulai muncul di tempat bekas yang sama [sekitar mata kaki], di picu oleh gigitan nyamuk pada bagian tsb dan hingga akhirnya melebar dan muncul juga di tempat/kulit yang lain[ kulit kepala, pangkal hidung, daun telinga, dan juga ujung jari [dibalik kuku]. TIDAK menyerang mulut ataupun alat kelamin. Mohon saran Dokter untuk defenisi di atas, dan kalau mungkin jenis obat yang baik utk di konsumsi. salam, Edy  

    edy sinaga  edy sinaga
    Anggota

    Hi Dokter, sebagai referensi sya lampirkan link utk melihat fotonya sbb:- https://plus.google.com/115500234588283517440/posts/Av6Qykbrcnh?hl=in&pid=6062494596230990722&oid=115500234588283517440   Terimakasih banyak.   salam

    edy sinaga  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Edy Tanpa melihat langsung dan memeriksa secara fisik saya tidak bisa memberikan diagnosis. Apakah dulu mikonazol yang diberikan ada membantu? Mikonazol adalah sejenis obat anti-jamur. Jika dulu membantu, dan gejala yang sekarang sama persis dengan yang dulu, kamu bisa mencoba langkah penanganan yang sama, atau ke dokter dan meminta obat anti-jamur jenis lain. Pastikan untuk mengikuti cara dan peraturan pemakaian obat agar kefetifannya maksimum. Usahakan untuk tidak menggaruk karena luka pada kulit bisa terinfeksi dan ini akan memperparah kondisi. Mandi dengan air dingin juga membantu dalam mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit. Hindari minuman keras dan rokok ketika kulit sedang bermasalah. Periksakan ke dokter yah. Semoga membantu.   Dr Liyadi

    edy sinaga  edy sinaga
    Anggota

    Hi Bu Dokter, Boleh bantu saya untuk jenis dan nama penyakit ini Bu? dan penyaranan obat dari anda yang mungkin akan cocok.   Terimaksaih

    edy sinaga  Hasnimar
    Anggota

    selamat pagi dok, teman saya kena penyakit kulit. penyakit kulit yang berawal dari bintik kecil berwarna merah, kadang terasa gatal, terkadang terasa perih dan juga tidak terasa apa-apa. jika pecah, bintik kecil itu keluar cairan bening yang bau nya agak menyengat. ia tidak mengetahui itu disebabkan karena gigitan nyamuk atau iritasi karena kakinya sering terkena detergent saat mencuci. dlu dia berobat kemana-mana tapi tidak kunjung sembuh, namun setahun yang lalu ia sembuh karena diberi obat bebas terbatas yang dijual di apotek terdekat. nah sekarang kan musim hujan, penyakit kulit itu kambuh dan bertambah banyak bahkan lebih parah dari sebelumnya. dia memakai obat yang dulu pernah ia pakai namun tidak mempan bahkan semakin banyak. lalu ia berobat dan meminum obat yang merk ketoconazol saya liat di iso kalau itu untuk infeksi kulit. saat meminum obat itu kakinya malah semakin banyak bintik merah kecil nya. bagaimana cara mengatasi nya dok ? memakai obat-obat apa yang cocok tuk menyembuhkan total agar tidak kambuh lagi. ? apa nama penyakit nya ? Terima kasih sebelumnya dok

    edy sinaga  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Hasnimar Karena penyakit kulitnya sepertinya sudah berlarut-larut dan malah bertambah parah, perisakan segera kondisi tersebut ke dokter spesialis kulit. Cairan berwarna kuning umumnya adalah nanah dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Namun tanpa memeriksa fisik secara langsung, hal ini tidak bisa dikonfirmasi. Oleh karena itu saya sarankan untuk segera ke dokter kulit. Hindari menggunakan obat-obatan terutama yang memerlukan resep tanpa anjuran dan pengawasan dari dokter karena jika salah, malah berpotensi mendatangkan efek yang negative pada tubuh. Hentikan segera pemakaian obat jika kondisi malah bertambah parah. Berikut adalah kemungkinan kondisi yang diderita:

    • infeksi impetigo
    • infeksi jamur
    • eksim
    • follikulitis - inflamasi pada folikel rambut
    • kandidiasis dan lain-lain
    Ketoconazol umumnya digunakan untuk mengatasi infeksi jamur. Namun jika infeksi jamur sudah sangat parah atau sudah terinfeksi lebih jauh dengan bakteri maka ketoconazol tidak akan cukup lagi. Pengobatan lebih lanjut dari dokter kulit akan dibutuhkan. Segera periksakan ke dokter agar kondisi tidak bertambah parah atau bahkan menular ke orang sekitar. Senantiasa jaga kebersihan Anda dengan mencuci tangan dengan sabun dan air yang bersih secara teratur dan mandi 2x sehari. Hindari juga berbagi barang pribadi dengan orang lain seperti baju dan handuk mandi. Dr Liyadi

    edy sinaga  Hasnimar
    Anggota

    Hi dokter, Terima kasih atas penjelasannya.

    edy sinaga  Adithya
    Anggota

    Siang Dok mau tanya nih ..kalau misal lukanya sudah mulai kering apakah tidak apa2 bila terkena basah+sabun pas waktu kita mandi ? Mksh

    edy sinaga  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Iya jika sudah mengering bisa mandi. Namun pastikan saat mengeringkan dengan handuk dilakukan secara perlahan-lahan. Jika luka menunjukkan tanda infeksi seperti merah, mengeluarkan cairan atau terasa sangat perih, periksakan ke dokter. Dr Liyadi

    Pagi dokter....... Saya juga mau bertanya dok,jadi begini kaki saya gatal2 karna saya garuk akhirnya sampai bengkak bernanah+berair,tapi sekarang sudah ga bengkak+bernanag lagi tapi masih berair luka saya sebagian mengering dan terasa gatal,apa bila kulit yang mengering/menebal itu terkelupas maka berair dok,saya sudah kompres dengan larutan (naci)dan sudah saya salep tapi ternyata salep itu membuat luka saya jadi basah dan sekarang hanya kompres (naci) saja,dokter sebenarnya penanganan yang tepat untuk luka saya ini bagaimana dok? Terima kasih Laestry

    edy sinaga  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi Ada kemungkinan yang telah terjadi adalah ruam yang gatal karena digaruk sekarang telah terinfeksi makanya menjadi berair, lebih sulit sembuh dan bernanah. Oleh karena kondisi yang awalnya hanya gatal sekarang menjadi lebih parah, saya sarankan untuk Anda segera ke dokter. Dokter akan memeriksa luka Anda dan mungkin mengambil sampel cairan yang ada pada luka. Cairan itu bisa diteliti di laboratorium untuk dicari tahu apa jenis mikroorganisme yang menyebabkan infeksi dan juga gatal-gatal pada awalnya. Hanya setelah diperiksa, bsia dikethui apa penanganan yang tepat. Andamungkin diberikan krim yang mengandung bahan antiseptik atau antibiotik oles jika infeksi bakteri dikonfirmasi. Sebaiknya untuk sekarang berhenti menggaruk-garuk luka karena tangan dan kulit sekitar luke yang kotor bisa memperluas infeksi dan makin menghambat proses penyembuhan luka. Selain itu, hindari mandi air panas karena bisa memperparah gejala gatal-gatal. Hindari juga berbagi barang pribadi seperti baju dan handuk dengan orang lain karena bisa memicu penularan infeksi kulit. Jangan tunda untuk ke dokter supaya Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat. Jika dibiarkan, infeksi bukan hanya saja menghambat luka untuk sembuh namun bisa menyebar semakin dalam ke jaringan tubuh lain. Dr Liyadi  

    Hi dokter Apa bila luka menyebar kejaringan tubuh lain apakah itu bahaya untuk saya dok? Apa yang akan terjadi jika memang luka saya menyebar kejaringan tubuh lain dok? Terima kasih Laestry

    edy sinaga  Aini
    Anggota

    pagi dok..   umur saya 24 th.. punya keluhan gatal gatal di kulit yaitu bentol yang bernanah.. bentol bentol ini awalnya bekas gigitan nyamuk yang menjadi sangat gatal dan sakit dari biasanya, hingga bernanah. Sejak sebulan yang lalu saya sudah tiga kali priksa ke dokter dan diberi obat. Reaksi obatnya bisa membuat korengnya kering dan sembuh,, tetapi seminggu setelah obatnya habis, bentolnya datang lagi, dan ini sudah keempat kali kambuh. apakah penyakit saya ini bisa sembuh total tanpa kambuh lagi dok? Sebenarnya waktu kecil saya punya riwayat penyakit gatal gatal seperti ini dok, tetapi sudah lama sudah tidak pernah kambuh..   Terima kasih Aini  

    Selamat sore Dokter saya mau tanya ni gmana cara mengobati,penyakit  mama saya di kaki.....aealnya gatal2 sampai jadi luka tu  

    edy sinaga  Dr. Liyadi
    Anggota

    Sebaiknya tunggu hingga benar-benar kering karena jika dikenakan air terutama air hangat, kulit bisa menjadi lunak dan ketika di lap bisa terkupas lagi. Dr Liyadi

    edy sinaga  Dandi Saputra
    Anggota

    Dokter saya menderita penyakit gatal di sertai air terkadang berisi nanah ketgika malam sangat gatal terkadang tidak disangka airnya pecah setelah pecah tidak gatal lagi namun akan timbul kembali. Penyakit kulit ini menyerang sebgian besar badan dan lainnya .

    edy sinaga  Reo Putera
    Anggota

    Selamat malam dokter, umur saya 19 thn dok saya ingin bertnya tentang penyakit saya, penyakit saya tekait masalah dengan kulit di badan saja termasuk tangan. kulit saya terdapat bentol2 merah yang susah sembuh sudah hampir 5 bln blm sembuh juga. sebelumnya saya Turlap (turun lapangan) terkait kuliah saya, karena di tempat tersebut panas, sya berkeringat banyak. baju saya basah oleh keringat dari siang hingga malam. lalu setelah tidur muncul bentol2 ini, pada saat tidur sya sempat menggaruk2 selurh badan saya. bentolnya seperti bisul tapi berwarna merah gelap dan berair. sudah ada yang tidak berair dan kering namun warna bentol tersebut tetap merah dan tidak hilang. Saat saya berkeringat  gatal2 nya selalu terasa lagi. saya sudah mencoba obat salep untuk menyembhkannya tapi tidak berhasil juga dok. lalu yang kedua , saat kulit saya terluka bekas luka tidak cepat menutup. saat sudah kering bekasnya berwarna agak merah, kira2 itu kenapa ya dok? Terima Kasih dok di tunggu balasannya.

    edy sinaga  Dhonie Arera
    Anggota

    Assalamu'alaikum Dok, Saya Dhonie umr 20th, Dok Saya Ada Keluhan Tentang penyakit Kulit, Knpa Ya dok saya Selama 3mnggu yg lalu Saya mengalami Gatal2 Bintik Bening kecil dan menyebar, pda Tangan,Terutama pda sela2 jari, 2mnggu yg lalu kulit tngan smpet kering dok,smpe pecah2,saya kira itu fase penyembuhan,malah tmbuh lagi dok, lbih bnyak &lbih gatal dri sebelumnya, smakin menyebar smpe k siku2 tngan dok, bahkan skrng d sela2 jari kaki sudah mulai gatal,mohon penjelasannya dok. terimakasih... Wassalamu'alaikum wr.wb

    edy sinaga  aryobimo
    Anggota

    Selamat malam dok. Saya juga mengalami hal yang sama dengan saudara edy dok. Sisik yg ada pada ruam ketika dikelupas akan mengeluarkan cairan bening yang tidak berbau dok. Kira-kira nama penyakitnya apa dan bagaimana cara menanganinya ya dok? Saya keturunan asma dan Saya punya teman yg keturunan asma juga memiliki penyakit seperti saya, apa ada hubungannya dok? Terima kasih

    edy sinaga  floww
    Anggota

    saya juga pernah kayak gitu lho mbak, mas^^ udah berobat sampe dokter spesialis kulit sana-sini, doktek RS yang praktek dirumah juga pernah.. sama dokter udah tahunan deh sampe ngabisin jutaan. bayangin sendiri lah kalo setiap minggu mesti kontrol dan kontrolnya ke dokter spesialis. :D sampe akhirnya tuh dokter kulit kasian kali liat saya nggak sembuh-sembuh dan pada dasarnya saya bukan dari keluarga mampu. terus dari sekian tahun saya berobat kedokter itu, barulah dokter itu bilang suruh beli obat di apotek namanya DIPROSON 'entah bener apa nggak ya tulisannya' tapi yang pasti pengucapannya gitu. emejing deh^^ baru beberapa kali pake langsung kering dan tak lama kemudian sembuh sampe tak berbekas sedikitpun. kalo aku saranin sih juga sambil konsumsi obat. beli aja diapotek. obat ini bertujuan supaya nggak ada gatel-gatel yang tumbuh lagi, juga membantu proses pengeringan, jadi bisa fokus sembuhin yang udah terlanjur jadi gede. terus juga perlu diinget. minum obat bukan cuma sampe sembuh, tapi sampe obatnya habis, plus salep DIPROSONnya juga dipake sampe gatel-gatelnya hilang tak berbekas. semoga bermanfaat ya. sankyuu^^

    edy sinaga  Laura Sinaga
    Anggota

    hi Edy saya mengalami gejala yang persis seperti yg kamu alami. saya juga sudah berobat kemana mana kecuali ke dokter kulit krn tidak pernah ada waktu. klo boleh tau, apa gejala yg kamu alami masih sampai sekarang atau sudah sembuh. klo sudah sembuh, bisa tolong berbagi informasi jenis penyakitnya dan obatnya ? terima kasih

    edy sinaga  Laura Sinaga
    Anggota

    hi floww klo boleh tau nama obatnya yg untuk dikonsumsi apa ya ? terima kasih