Tanya Dokter

  • Gatal berair di jari kaki dan tangan yang menjalar

  • Pagi dok, Saya mau tanya nih. Di sela”nya jari kaki sama tangan saya, itu ada cairan putih gatal” tapi saat saya tubles keluar cairan putih campur darah terus merantak. Itu kenapa ya dok?

    Hai, Ada banyak penyebab gatal-gatal pada kulit yang disertai dengan timbulnya bentol-bentol berisi air, diantaranya :

    1. Infeksi bakteri, seperti impetigo
    2. Infeksi virus, seperti herpes
    3. Infeksi jamur, seperti candidiasis
    4. Infeksi parasit, seperti skabies
    5. Dermatitis kontak
    6. dan lainnya
    Untuk membedakan apa penyebab keluhan yang anda alami dokter perlu untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi Anda, seperti sudah berapa lama Anda alami gejala tersebut serta apakah kondisi awal yang memicu timbulnya gejala tersebut? Apakah gejala gatal memburuk pada malam hari atau memburuk jika berkeringat?  Apakah ada orang di sekitar Anda yang menderita gejala yang sama? Selain itu Anda perlu untuk menemui dokter secara langsung karena dibutuhkan adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter, karena dokter perlu untuk melihat langsung bentuk lesi pada kulit Anda, pola persebarannya, dan lainnya. Selain itu juga dibutuhkan untuk melakukan beberapa pemeriksaan medis tambahan pada kulit untuk membantu menentukan penyebabnya. Untuk sementara ada beberapa hal yang Anda dapat lakukan di rumah agak tidak memperburuk gejala yang Anda alami :
    1. Jangan menggaruk bagian kulit yang gatal dan bentol
    2. Jaga kebersihan tubuh
    3. Jaga agar bagian tubuh yang gatal tidak lembap
    4. Jangan menggunakan handuk dan pakaian berganti-gantian dengan orang lain
    Berikut merupakan halaman diskusi mengenai keluhan kulit yang serupa dengan yang Anda alami, http://www.alodokter.com/komunitas/topic/penyakit-gatal-berair-dan-berkepanjangan/   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.