Tanya Dokter

  • Muncul luka pada amandel setelah sembuh dari gonore

  • dok saya baru saja sembuh dari penyakit gonore dan setelah itu ada luka di amandel saya seperti sariawan apakah itu masih virus dari gonore?

    Halo Merlin, Gonore adalah penyakit dengan ciri khas nanah yang keluar dari saluran kencing. Penyakit ini merupakan salah satu dari Penyakit Menular Seksual (PMS). Selain menyerang kelamin, penyakit ini dapat menyerang juga bagian tubuh lainnya seperti dubur, serviks (leher rahim), mata, dan tenggorokan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Untuk gonore pada tenggorokan cenderung tidak menimbulkan gejala. Masih terlalu dini jika hanya berdasarkan diskusi seperti ini kita menyimpulkan itu gonore. Sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT. Perlu anda ketahui bahwa penyebab gonore adalah bakteri, bukan virus. Sehingga untuk membunuh gonore diperlukan antibiotik. Pada kasus infeksi gonore, antibiotik yang diberikan dapat berupa oral (minum) atau suntik yang berarti efek dari antibiotik tersebut bekerja pada seluruh tubuh, sehingga bakteri gonore mau di kelamin ataupun di tenggorokan seharusnya mati semua. Berikut beberapa tips untuk anda:

    • Jangan berganti pasangan atau melakukan hubungan seks bebas yang tidak aman. Ingat baik-baik, pengobatan gonore saat ini tidak membuat anda kebal terhadap infeksi bakteri gonore berikutnya
    • Gunakan alat pelindung seperti kondom jika berhubungan seks dengan pasangan lainnya
    • Lakukan hubungan seks yang wajar (penis dengan vagina) bukan dengan mulut ataupun dubur
    Diskusi ini mungkin bermanfaat. Semoga membantu, Dr. Yosephine U. L. Simanungkalit

    tapi dok di bibir saya ada bercak putih apakah radang mulut akibat gonore?