Tanya Dokter

  • Mengatasi gondok pada leher

  •  arabellatadz_
    Anggota
    maaf dokter mau tanya, saya sudah hampir 3 minggu kena gondok. Awal2 sudah diobati pake blau dan obat herbal yaitu belimbing wuluh di blender dgn bawang merah, mengecil namun tdk hilang karna kurang rutin pengobatan. Apakah dgn didiamkan bisa hilang dgn sendirinya? Terimakasih dok

    Hai arabellatadz,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    "Gondok" merupakan sebutan bagi penyakit yang menyebabkan pembengkakan kelenjar tiroid, yakni sepasang kelenjar yang terletak di leher bagian depan, yang berfungsi memproduksi hormon tiroksin. Normalnya, kelenjar ini tidak dapat teraba apalagi tampak secara kasat mata karena ukurannya yang kecil. Namun, jika membesar, maka leher bisa membengkak, atau bahkan membuat penderitanya sulit menelan, sesak, suara serak, dan sebagainya.

    Berbagai kondisi yang bisa memicu gondok adalah:

    • Penyakit autoimun, misalnya penyakit Grave's, penyakit Hashimoto
    • Inflamasi (peradangan) kelenjar tiroid (tiroiditis)
    • Tumor, misalnya nodul tiroid, kanker tiroid
    • Defisiensi yodium
    • Efek samping obat, misalnya lithium, dan sebagainya

    Perlu diperjelas dulu, darimana Anda mengatahui bahwa penyakit yang Anda derita merupakan gondok? Apakah sudah pernah diperiksakan ke dokter? Lantas apa diagnosis dan penanganan yang disarankan oleh dokter?

    Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik secara langsung terkait keluhan yang Anda alami. Pada beberapa kondisi, perlu juga dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya, seperti laboratorium, rontgen, USG, atau sidik fungsi tiroid. Pemeriksaan ini bertujuan juga untuk membedakan pembesaran akibat sebab lain selain kelenjar tiroid, misalnya selulitis, abses, parotitis, dan sebagainya. 

    Belum ada penelitian yang memadai terkait manfaat penggunaann blao, belimbing wulu, atau bawang merah untuk mengobati gondok. Karenanya kami tidak menyarankan Anda melanjutkan langkah tersebut.

    Sebaiknya, pastikan dulu penyebab keluhan Anda ke dokter ya.. Penanganan selanjutnya akan dilakukan oleh dokter sesuai dengan penyebab penyakitnya, bisa dengan pemberian obat-obatan, suplementasi yodium, operasi, dan sebagainya.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah