Tanya Dokter

  • Solusi atasi penyakit gondongan pada ibu menyusui

  •  Ichasan
    Anggota
    Selamat pagi dok, Saya mau tanya lagi dari kemarin tiba2 saya kena penyakit gondongan entah tertular dari mana tapi kata dokter penyakit ini menular, saya lupa kemarin pas berobat bertanya apakah boleh menyusui saat gondongan? Apakah hasil pumping juga aman diberikan kepada bayi? Saya gak kebayang kalau liat anak nangis pengen digendong sama Mamahnya dan ingin menyusu langsung. Dr pas kena gondongan saya ngungsi jadi gak ketemu anak karena takut nular. Mohon penjelasannya mengenai penyakit ini apakah bisa menyusui langsung dan hasil pumping aman buat dikonsumsi bayi? Terima kasih dokter.

    Halo Ibu Ichasan, terimakasih telah bertanya pada Alodokter.com. 

    Gondongan/mumps adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Menular melalui ludah atau lendir dari mulut, hidung, atau tenggorokan. Virus ini bisa menular melalui:

    • Batuk, bersin maupun percikan ludah saat berbicara
    • Berbagi benda misalnya gelas atau sendok yang sama yang belum dicuci
    • Orang sakit menyentuh barang atau permukaan dengan tangan yang belum dicuci (setelah terkontaminasi lendir/cairan dari mulut atau hidung) kemudian tersentuh dengan orang sehat (yang kemudian bisa memegang hidung atau mulutnya)

     

    Gondongan bisa menular sebelum kelenjar ludah membesar (yang ditandai dengan pembengkakan di leher di bawah telinga) hingga 5 hari setelah pembengkakan. Berdasarkan penelitian, ibu yang terinfeksi virus termasuk gondongan, masih boleh menyusui dengan proteksi standar berupa menggunakan masker, memastikan badan bersih dan mencuci tangan sebelum dan sesudah menyusui. Ibu tidak boleh menyusui jika positif HIV dan HTLV. Virus lain seperti herpes, campak, dan cacar boleh menyusui dengan perhatian khusus misalnya tidak menyusui jika herpes berada di daerah payudara, dan lain sebagainya. 

    Tentu Anda merasa khawatir akan penularan ini. Tetapi sebenarnya anak Anda kemungkinan besar sudah terlanjur terekspos virus tersebut karena virus sudah ada pada tubuh Anda dan dapat menular sebelum gejala gondongan terlihat. Gondongan jarang diderita anak usia kurang dari satu tahun karena imunitas pasif yang didapat sejak lahir. Jika anak Ibu sudah imunisasi MMR pada usia 12-18 bulan (mumps measles and rubella, berbeda dengan imunisasi MR program pemerintah yang lalu), maka kemungkinan besar tidak tertular atau tidak akan sakit seberat Anda. Namun jika Anda sangat khawatir, Anda bisa meminimalisir kontak hingga 5 hari setelah pembengkakan. ASI yang dipompa tetap aman diberikan pada anak Anda, bahkan disarankan diberikan karena ASI mengandung antibodi Anda terhadap penyakit tersebut dan mencegah bayi Anda untuk sakit. Pastikan Anda memperhatikan kebersihan tangan dan alat-alat pompa ASI, botol dan penyimpanannya. 

    Semoga bermanfaat ya, 

    dr. Mega