Tanya Dokter

  • apakah ada risiko terkena penyakit hati?

  •  andyti26
    Anggota

    haloo...saya ada seorang anak berusia 8 tahun, sejak dari lahir dia ada G6PD dan kuning pada mata. Masalahnya sekarang saya nak tanya adakah anak saya ada risiko penyakit hati?

    Dia hanya kuning pada mata sahaja,kami telah membuat pemeriksaan di pusrawi dan keputusan nya normal dan sehat tapi saya masih risau..adakah ia boleh menyebabkan penyakit hati?

    andyti26  andyti26
    Anggota

    andyti26 May 26, 2015 at 10:55 am haloo…saya ada seorang anak berusia 8 tahun,sejak dari lahir dia ada G6PD dan kuning pada mata.Masalahnya sekarang saya nak tanya adakah anak saya ada risiko penyakit hati?? dia hanya kuning pada mata sahaja,kami telah membuat pemeriksaan di pusrawi dan keputusan nya normal, sihat tapi saya masih risau..adakah ia boleh menyebabkan penyakit hati??
     

    Halo, Defisiensi G6PD merupakan suatu kelainan genetik yang diturunkan dari orangtua. Kelainan ini dibawa oleh jenis kromosom X sehingga sebagian besar penderita defisiensi G6PD berjenis kelamin laki-laki. G6PD merupakan kelainan yang mempengaruhi siklus hidup sel darah merah. Sel darah merah bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Pada umumnya sel darah merah berada di dalam tubuh selama 90-120 hari. Setelah itu sel darah merah yang lama akan digantikan oleh sel darah merah yang baru. Kelainan pada enzim G6PD membuat sel darah merah menjadi pecah atau lisis sebelum waktunya. Saat sel darah merah lisis maka bilirubin sebagai produk akhir hemoglobin banyak beredar di dalam darah. Karena sel darah merah yang lisis dalam jumlah yang cukup banyak tetapi kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah tetap atau konstan, hal inilah yang menyebabkan terjadinya akumulasi bilirubin dalam darah sehingga menyebabkan keluhan kuning atau jaundice. Kondisi yang sering muncul pada penderita defisiensi G6PD adalah anemia hemolitik. Selain memberikan keluhan mata berwarna kuning, penderita defisiensi G6PD juga memberikan keluhan seperti :

    • Urin berwarna gelap
    • Mudah lelah
    • Sesak napas
    • Jantung berdebar
    Jadi kemungkinan besar kuning pada mata anak Anda disebabkan oleh defisiensi G6PD bukan disebabkan oleh gangguan pada organ hati. Semoga membantu, dr. Tri