Tanya Dokter

  • Pengobatan untuk bayi berwarna kuning

  •  St. Jhunianto
    Anggota

    Pagi Dok,

     

    Mau tanyakan anak saya, dari kondisi fisik kelihatan kulit menguning, setelah diperiksa di laborat kesehatan kadar total bilirubin nya 7,11 kondisi tersebut apa suda dibilang kronis?

    mohon tanggapannya serta cara pengobatannya, saya sangat stres mengetahui hal demikian. TKS

     

    Halo St. Jhunianto,

    kondisi kuning pada bayi merupakan hal yang tidak jarang ditemukan, dan penyebabnya cukup beragam dari hal fisiologis/proses alami yang bersifat tidak berbahaya dan dapat menghilang seiring dengan waktu, namun bisa juga menandakan suatu penyakit yang lebih serius. Penyakit kuning ada usia 2 bulan dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan berikut:

    • breastmilk jaundice, disebabkan oleh komponen-komponen dalam ASI, tidak berbahaya dan bukan alasan untuk menghentikan pemberian ASI karena akan membaik dengan sendirinya
    • kelainan komponen sel darah, misalnya ketidakcocokan antara golongan darah anak dan ibu
    • infeksi berat, biasanya disertai demam
    • gangguan fungsi atau struktur organ hati dan saluran empedu
    • kelainan genetik
    • terdapat sumber perdarahan

    Menentukan kronis tidaknya suatu penyakit atau kelainan dari hasil pemeriksaan laboratorium saja secara medis tidak dapat dan tidak etis untuk dilakukan tanpa disertai pemeriksaan oleh dokter dan mendapatkan keterangan yang lebih lengkap dari pasien misalnya (riwayat keluhan dan persalinan, riwayat penyakit ibu, dsb), disertai dengan pemeriksaan fisik yang lengkap, karena pemeriksaan penunjang seperti laboratorium sifatnya hanya mendukung wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Selain itu, masing-masing laboratorium memiliki kalibrasi dan cara penyediaan data yang bisa berbeda, sehingga sebaiknya dibaca langsung oleh dokter untuk menghindari kesalahan interpretasi. Oleh karena itu, untuk mengetahui secara lebih pasti mengenai kondisi anak anda disarankan untuk berkonsultasi tatap muka dengan dokter spesialis anak agar dapat menghubungkan antara temuan pemeriksaan klinis dan temuan laboratorium, sehingga mendapatkan penanganan yang sesuai dengan penyakit yang mendasari, misalnya fototerapi dengan sinar biru, dan bila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya seperti analisa sel darah tepi atau ultrasonografi untuk membantu menegakkan diagnosa pasti.

    Waspadai tanda-tanda bahaya penyakit kuning seperti demam tinggi, kejang, napas cepat/sesak, BAB warna pucat, bayi tampak lesu dan tidak mau menyusu. Apabila terdapat tanda-tanda tersebut jangan tunda untuk memeriksakan bayi ke pusat pelayanan terdekat.

    Anda dapat membaca artikel terkait: Kenali penyebab bayi kuning dan penanganannya

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    Salam, dr. Delvira