Tanya Dokter

  • Pengobatan penyakit hernia

  • Selamat malam dok,saya mau tanya nih.. Apakah penyakit hernia itu mesti harus operasi ya dok? Ada tidak ya dok obat untuk sakit hernia difase fase awal supaya tidak kambuh lagi? Mohon jawabannya dok,Terima kasih
    Ratman Soeiskho  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Ratman Soeiskho,

     

    Hernia merupakan kondisi dimana masuknya suatu organ ke dalam rongga yang tidak seharusnya. Hernia dapat terjadi pada hampir seluruh organ tubuh di dalam rongga seperti yang terjadi pada hernia diafragma, hernia inguinal, hernia hiatal, atau hernia  nukleus pulposus (HNP).

     

    Keluhan yang ditimbulkan akibat herniasi bergantung pada organ apa yang mengalami gangguan seperti pada hernia inguinal, keluhan dapat berupa benjolan pada lipat paha yang pada laki-laki dapat turun ke kantung zakar (skrotum). Pada hernia inguinal, organ yang mengalami gangguan adalah bagian usus yang turun dari rongga perut dan pada kondisi yang berat dapat menimbulkan gangguan pencernaan disertai dengan rasa nyeri.

     

    Pada hernia diafragma, kelainan terletak pada usus yang masuk ke dalam rongga dada sehingga pada kondisi yang berat juga dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan disertai dengan nyeri. Pada HNP, keluhan merupakan nyeri pinggang yang dapat menjalar ke bagian kaki.

     

    Pengobatan pada hernia bergantung jenis hernia yang dialami. Pada HNP, pengobatan awal dapat dilakukan dengan pemberian obat-obatan untuk mengurangi rasa nyeri namun pada hampir sebagian besar hernia, penatalaksanaan dilakukan dengan metode operatif terutama apabila hernia dalam kondisi yang berat seperti menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa atau menimbulkan gangguan pada pencernaan (hernia diafragma atau hernia inguinal).

     

    Sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai kondisi hernia yang anda alami sehingga dapat dilakukan pemeriksaan untuk menentukan derajat beratnya hernia yang terjadi dan dapat diberikan alternatif jalan keluar terhadap hernia yang anda alami.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi