Tanya Dokter

  • Penyakit herpes yang kambuh hampir setiap 3 bulan

  • dok saya anggi umur saya 19thn saya mau menanyakan kenapa hampir setiap 3bulan sekali penyakit herpes ini selalu keluar dan bertumbuh lagi, seperti yg saya baca penyakit herpes hanya ada disatu sisi saja tetapi ini ada disisi kanan dan kiri dok.. saya takut penyakit ini tidak  bisa disembuhkan, cara ampuh mengobatinya bagaimana ya dok?? setiap kali saya merasa capek selalu tumbuh lukaluka melepuh dok.. terimakasih

    Halo Anggi,   Herpes yang Anda maksud apakah herpes zoster atau herpes simplek? Pada dasarnya virus herpes memang tidak bisa 100% menghilang dari tubuh walaupun tidak ada gejala yang timbul. Sehingga bisa terjadi kekambuhan jika terpicu oleh 1 kejadian. Namun herpes zoster sangat jarang sekali menimbulkan keluhan kambuh berulang ulang dengan jangka waktu pendek seperti yang Anda sebutkan. Sementara herpes simplek lebih mudah kambuh dan sesuai dengan waktu yg Anda sebutkan. Namun herpes simplek hanya menyerang bagian tubuh tertentu seperti kelamin, sekitar mulut ( karena melakukan seks oral) , sekitar dubur ( jika melakukan seks anal). Kekambuhan pun biasa terjadi pada daerah genital dan mulut. Faktor pemicu dari kekambuhan virus herpes ini biasanya disebabkan :

    • Kelelahan
    • Stress baik fisik dan psikis.
    • Udara dingin
    • Pola makan
    • Dll
    Tidur cukup, makan gizi seimbang dan berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh akan bermanfaat untuk mengurangi kekambuhan akibat herpes ini. Kemungkinan lain penyebab keluhan Anda yang menyerupai penyakit herpes ( kulit berlenting ) adalah :
    1. Dermatitis herpetiformis = menyerupai herpes zoster namun menyerang dua sisi( bilateral) dan biasanya simetri kanan dan kiri. Tempat tersering tumbuh lentingan yaitu punggung dan perut. Penyebabnya masih perlu dikaji lebih jauh namun sensitivitas terhadap gluten ( 1 zat makanan) dianggap menjadi biang keladinya.
    2. Pemfigoid = bentuk lentingan lebih besar dan menyerang seluruh tubuh.
    3. Dermatosis pustulosa
    4. Dll.
    Untuk mengkaji lebih jauh permasalahan kulit Anda maka pemeriksaan secara sistematik dan seksama akan diperlukan. Karena keluhan sangat mengganggu akibat sering kambuh maka penanganan yang tepat pada kondisi Anda akan diperlukan. Berkonsultasilah secara seksama dengan dokter kulit dan lakukan beberapa tes medis seperti tes darah, antigen herpes dll jika perlu untuk memastikan penyebab keluhan Anda. Penanganan tepat akan diberikan untuk mengatasi keluhan Anda. Baca topik Herpes. Semoga membantu.   Dr. Yusi