Tanya Dokter

  • Herpes dan HIV

  • Selamat malam dok.

    Saya ingin bertanya, apakah penyakit Herpes salah satu faktor pemicu timbul'nya penyakit HIV?? Terus obat apa yang harus dikonsumsi agar penyakit Herpes tidak kambuh lagi dok. Makasih :)

    Hai Rangga Penyakit herpes terdiri dari herpes zooster dan herpes genital (simplex). Jenis herpes yang yang berhubungan dengan HIV adalah herpes genital. Penyakit herpes genital berbeda dengan HIV baik penyebab dan gejalanya. Herpes genital disebabkan oleh infeksi virus herpes simplex sedangkan HIV disebabkan oleh infeksi HIV (Human immunodeficiency virus). Namun keduanya sama-sama penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual bebas dengan bergonta-ganti pasangan sehingga dapat terjadi infeksi bersamaan, selain itu dengan adanya herpes genital maka adanya luka terbuka akibat lepuh yang pecah sehingga memudahkan tertularkan HIV. Pengobatan herpes genital adalah dengan obat antivirus seperti asiklovir, namun ini hanya untuk menekan berkembang biaknya virus dalam tubuh, tidak dapat menghilangkan sepenuhnya virus pada tubuh, dengan daya tahan tubuh yang kuat secara perlahan virus herpes akan hilang sepenuhnya dari tubuh. Untuk mencegah kekambuhan dari herpes genital adalah dengan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, olahraga rutin, beristirahat cukup dan tidak melakukan hubungan seksual bebas. Informasi mengenai penyakit HIV dan herpes genital dapat Anda baca pada artikel berikut ini: HIV-AIDS. Herpes genital Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Apakah herpes Genital bisa ditularkan Tanpa Ada'nya Kontak Seksual? Mohon penjelasannya Dok :)

    Hai Rangga Virus herpes simplex terdiri dari 2 tipe. Herpes genital disebabkan oleh herpes simplex tipe 2, dimana ditularkan melalui hubungan seksual. Sedangkan pada herpes simplex tipe 1 penularannya dapat tanpa melalui hubungan seksual, namun biasanya tidak mengenai daerah kelamin. Daerah yang terkena umumnya pada daerah mulut, dan kulit. Dapat mengenai kelamin bila melalui hubungan seksual melalui oral. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Apakah Herpes Zooster bisa muncul didaerah selangkangan dok?? Awal'nya di Paha bagian atas deket selangkangan terkena bintik-bintik merah terus ada cairan bening/lepuhan gitu seperti Herpes dok. terus merembet ke bagian (Maaf tumbuh'nya bulu kemaluan) membentuk pola seperti lingkaran gitu. sedangkan yang saya tau kalo Herpes Genital itu ada'nya di sekitar alat Kelamin dan penularan melalui Hubungan seksual. Sedangkan saya belum pernah melakukan Hubungan Seksual sama sekali dok. Mohon penjelasannya dok :)

    Mohon penjelasannya dok :)

    Hai Herpes zooster juga dapat mengenai daerah sela paha dan hanya satu sisi, dimana biasanya disertai rasa nyeri. Terima kasih ya.  

    Namun Penyakit yang saya derita awal'nya cuma dibagian sisi paha-selangkangan sebelah kiri, tetapi beberapa hari menyerang yang sebelah kananya dok, terus beberapa hari kemudiannya lagi menyerang ke bagian Pinggul. Apakah tidak masalah jika dioleskan acyclovir + diprosta cream bersamaan, apakah ada efek samping'nya dok. Mohon penjelasannya. Makasih dokter :)