Tanya Dokter

  • Penyakit Hypertiroid atau Jantung?

  • Assalamu'alaikum Dok..

    Saya punya riwayat penyakit hypertiroid dengan keringat yang sangat sangat banyak.. contoh, keringat di tangan & kaki saya bisa sampai bercucuran, Alhamdulillah sekarang sedang tidak berkeringat. Yang mau saya tanyakan ada 2. Pertama, kenapa kalau sedang berkeringat telapak tangan terasa panas? seperti di dekatkan ke api. keadaan ini sangat tidak nyaman untuk saya, apalagi untuk bekerja. Ke dua, apakah hypertiroid berhubungan dengan penyakit jantung? saya sering lemas sampai bicara pun tak mampu apalagi menggerakan badan (mati rasa). dan lemas nya itu bisa sampai 3-5 jam, mata terpejam (seperti orang pingsan) tapi sebenarnya sadar hanya saja tidak bisa membukakan mata (sering dikira pingsan). kadang merasakan nyeri di dada dan sesak napas. Terima kasih sebelumnya Dok. Wassalam.

    Hai, Apakah diagnosa penyakit hipertiroid Anda telah ditegakkan oleh Dokter? Diagnosa hipertiroid menjadi tegak (pasti) melalui pemeriksaan kadar hormon tiroid dalam darah. Tanpa pemeriksaan ini, segala gejala yang terkesan hipertiroid mungkin saja disebabkan oleh hal lain. Berkeringat banyak tidak harus disebabkan hanya oleh hipertiroid. Masih ada kondisi lain yang menyebabkan berkeringat banyak, seperti:

    • Aktivitas fisik - tentunya menimbulkan panas, dan panas akan direspons tubuh dengan keringat guna mengurangi panas
    • Emosional, misalnya kecemasan
    • Kegemukan
    • Aktivitas kelenjar keringat berlebih, biasanya bersifat bawaan
    • dan lain sebagainya
    Penyakit hipertiroid berkaitan dengan penyakit jantung, dan berpotensi menyebabkan gagal jantung. Ini disebabkan oleh tingginya curah jantung yang terus-menerus, sehingga lama kelamaan otot jantung kelelahan dan menjadi gagal. Diagnosis dan pengobatan dini akan mencegah komplikasi ini. Kondisi lemas tiba-tiba dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti:
    • Kurang gula
    • Diabetes
    • Gangguan elektrolit
    • Ketegangan jiwa yang sangat
    • Kelainan aktivitas listrik otak, misalnya epilepsi (sakit ayan)
    • dan sebagainya
    Banyaknya kemungkinan kondisi ini sebaiknya membawa Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter. Dokter akan melakukan penggalian riwayat terarah dan pemeriksaan fisik. Dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan darah, foto Roentgen atau rekam jantung bila dirasa perlu. Berikut tips untuk Anda:
    • Hindari diet berlebihan
    • Kelola stress dengan baik
    • Kenakan pakaian yang mudah menyerap keringat
    • Berhati-hati pada kondisi Anda di tempat berbahaya dan sendirian, misalnya berenang, berkendara motor, mengoperasikan mesin, dsb. Dikhawatirkan bila serangan lemas datang tiba-tiba, dapat menimbulkan bahaya maut
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Iya Dok.. Hipertiroid itu sudah diagnosa 2 dokter di 2 RS.. Saya sudah pernah melakukan Cek Darah, cek hormon juga EKG.. hasil EKG normal, tetapi hasil cek hormon itu dia hormon tiroid nya berlebihan.. Saya pernaah baca di suatu laman bahwa salah satu cara pengobatan nya itu harus operasi? apakah benar..? berupa operasi apakah itu Dok..? dan apakah tidak ada cara lain selain itu..? Terima kasih sebelumnya.. :)

    Hai, Pengobatan hipertiroid meliputi pemberian obat-obatan dan operasi pengangkatan kelenjar tiroid. Biasanya operasi dianggap perlu apabila:

    1. Kadar hormon tiroid dan gejalanya tetap berlangsung meskipun telah diberi obat-obatan (tidak mempan terhadap obat)
    2. Dicurigai adanya keganasan pada kelenjar tiroid
    Pengangkatan kelenjar ini bisa bersifat total atau subtotal (hanya sebagian besar yang diambil, sebagian kecil dibiarkan untuk mengurangi kebutuhan hormon tiroid pengganti). Setelah pengangkatan kelenjar tiroid, karena tidak ada lagi sumber hormon tiroid, pasien akan diberikan hormon tiroid pengganti dengan cara minum obat setiap hari. Oleh sebab itulah, biasanya obat-obatan akan diusahakan semaksimal mungkin terlebih dahulu sebelum dianjurkan pengangkatan secara operatif. Anda sebaiknya kontrol rutin dengan Dokter untuk pengobatan tiroid. Pengobatan dan kontrol rutin hipertiroid bisa mengurangi kejadian komplikasi dan kebutuhan akan operasi. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Baik Dok.. Untuk Komplikasi itu sendiri saya baca di laman atas ada kata "<span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif; font-weight: bold; line-height: 23px;">Keguguran dan eklampsia" </span>atau beresiko mengalami keguguran, kejang2 pada saat hamil dan lain sebagainya. Apa yang menyebabkan keguguran dan lain nya Dok..? dari hormon itu sendiri atau dari cara kerja metabolisme tubuh saya..?

    Hai, Penderita hipertiroid pada kehamilan memang lebih berisiko untuk mengalami preeklampsia (suatu kondisi kehamilan yang ditandai darah tinggi dan kebocoran protein melalui air seni -- menandakan kondisi berisiko tinggi mengalami kejang -- eklampsia) dan keguguran janin. Meskipun belum jelas sebabnya, tampaknya ada kaitan antara hormon tiroid yang berlebihan dengan kondisi-kondisi ini. Oleh sebab itu, bila Anda merencanakan kehamilan, seyogianya Anda melakukan kontrol rutin terlebih dahulu sampai kadar hormon mencapai normal / telah diizinkan Dokter untuk merencanakan kehamilan. Bila perlu, pengobatan akan dilanjutkan saat mengandung dengan pilihan obat khusus untuk mencegah komplikasi ke janin akibat obat anti-tiroid. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma  

    Baik Dok.. Apakah ada makanan yang dilarang untuk yang berpenyakit Hypertiroid..? Dan kenapa yaa sering sekali saya rasakan jika sudah memakai handbody dari yang tadinya tangan saya tidak berkeringat sama sekali bisa langsung berkeringat..? Apakah karena kandungan didalam handbody nya tersebut atau bagaimana Dok..? Terima kasih Dok, sejauh ini sudah banyak informasi yang saya dapatkan dari percakapan ini..

    Hai, Berkeringat merupakan respons normal tubuh untuk melepaskan panas. Namun bisa juga disebabkan oleh tingginya aktivitas kelenjar keringat, seperti yang dipicu oleh keadaan hipertiroid atau kecemasan. Kebanyakan dari krim tangan memang didesain untuk melembabkan tangan. Kelembaban tangan ini mungkin membuat "pengap" tangan Anda sehingga memicu timbulnya tangan berkeringat. Sampai saat ini, belum ada pantangan makanan khusus bagi para penderita hipertiroid. Yodium (biasa pada garam meja) penting dalam pembentukan tiroid, namun mengurangi asupan yodium dengan sengaja tidak mencegah hipertiroid dan justru bisa memicu pembesaran kelenjar gondok akibat kekurangan yodium. Keadaan yodium berlebihan (mis. dengan suplemen yodium atau efek samping obat) diketahui bisa mencetuskan keadaan hipertiroid. Akan tetapi, makanan tinggi yodium seperti rumput laut dan hidangan laut sampai saat ini belum terbukti bisa memicu hipertiroid. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya sebagaimana yang dianjurkan pada orang sehat pada umumnya, yaitu bergizi seimbang dan bersih. Mengonsumsi berbagai jenis makanan dan mengonsumsi buah & sayuran penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari. Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    Ai Leni Siti Fatimah  Ratna Wati
    Anggota

    Ass . Mb ai leni blh saya minta pin atau line tidak , soalnya anak saya juga sakit tiroid , siapa tau bisa share cerita