Tanya Dokter

  • Tangan dan kaki sakit serta kaitan dengan penyakit jantung/asam urat

  •  fikri_aziz26
    Anggota
    Dok sama mau nanya, bapak saya umur 52 tahun saat ini mengalami tangan kanan dan kaki bengkak, tangan kananya sulit digerakan dan tidak bisa menggenggam,serta sangat sulit berjalan, bapak saya punya riwayat penyakit jantung,stroke dan asam urat. Kemarin sudah diperiksa di dokter jantung tensi nya normal saja, tapi kata dokter jantungnya naik, setelah diberi obat besoknya agak mendingan. Tetapi ini tangan kanan dan kaki bapak saya bengkak lagi dan susah untuk berjalan, bapak saya belum cek asam urat. Yang jadi pertanyaan apakah penyakit bapak saya berhubungan dengan jantung atau asam urat, Terimakasih doketer sebelumnya..

    Hai fikri_aziz26. Terima kasih atas pertanyaan anda.

    Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner mengalami kerusakan. Pada oran yang mengalami penyakit jantung koroner biasanya  mengalami sesak napas, mual, lelah, pusing dan gelisah saat serangan jantung menyerang.

    Gagal jantung adalah kondisi saat otot jantung menjadi sangat lemah sehingga tidak bisa memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah gagal jantung kongestif. Gejala yang sering dialami adalah :

    • Sesak napas, baik ketika beraktivitas maupun beristirahat.
    • Tubuh terasa lelah sepanjang waktu.
    • Pembengkakan kaki dan pergelangan kaki.

    Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

    Jika bapak anda memiliki riwayat sakit jantung maka sebaiknya anda sarankan ayah anda untuk rutin kontrol ke dokter spesialis jantung. Selain itu biasnya dokter akan menyarankan untuk membatasi jumlah cairan dan disarankan untuk olahraga ringan.

    Semoga bermanfaat.

    Salam, dr. Dian