Tanya Dokter

  • Penyebab gangguan memori

  •  Hany Yuniarty
    Anggota
    Dok, saya merasa ada yang aneh dengan diri saya, saya memang pelupa tapi terkadang saat saya melakukan sesuatu saya tidak ingat apa yang saya lakukan tadi setelahnya. Contoh, kemarin lusa saya diminta untuk mencetak dokumen daftar kios, teman saja jadi saksinya, nah keesokan harinya manager meminta data tersebut dan menanyakan apa datanya sudah dicetak atau belum? Namun saat itu saya tidak mengingat atau tidak merasa bahwa saya sudah mencetak dokumennya, tapi teman saya bilang saya sendiri yang mencetak dokumennya. Bukan hanya hal itu yang saya rasakan bahkan terkadang di aktivitas lain. itu tandanya apa ya dok? Apa kondisi psikis saya ada gangguannya? apa memang sifat alami saya? Tolong jawab ya dok, saya butuh saran Anda.

    Halo,

     

    Gangguan memori yang Anda alami bisa berkaitan dengan gangguan pada otak yang disebabkan karena =

    1. Dementia, umum terjadi pada usia tua (>40 tahun) merupakan sebuah gangguan penurunan fungsi otak seperti daya ingat, kemampuan berpikir, memahami sesuatu dll.
    2. Alzheimer, juga umum terjadi pada usia tua, merupakan sebuah gangguan otak yang ditandai dengan penurunan fungsi otak.
    3. Gangguan memori
    4. Anemia berat.
    5. Efek samping obat.
    6. Stress akibat informasi berlebihan pada otak.

    Untuk mengatasi kondisi ini maka sangat disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter dengan seksama. Dokter akan melakukna pemeriksaan dan tes fisik serta medis yang menyeluruh untuk memahami kearah mana penyebab kelupaan yang terjadi pada Anda. Dengan memahami secara baik maka pengobatan tentu bisa diberikan dengan sesuai untuk mengatasi keluhan Anda.

    Untuk membantu menambah daya ingat buatlah planner atau jadwal akan semua kegiatan Anda, buat dan lakukan checklist pada pekerjaan dna kehidupan sehari hari, lakukan olahraga baik fisik maupun otak seperti melakukan tts, makan nutrisi seimbang, Cukup istirahat dan relaksasi.

    Meminum suplemen untuk menambah daya ingat juga bisa Anda lakukan. Konsumsi obat suplemen yang memiliki ijin bpom dan aman.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi